Senin,23 Maret 2020 Tema 8 Subtema 3 Pb 4

Tema 8 Subtema 3 Pb 4


Tema 8 Subtema 3 Pb 4
Senin, 23 Maret 2020
Assalamualaikum wr.wb. ananda siswa dan siswi kelas V home learning day 4
Hari ini kita akan melajar tentang Keragaman Sosial di Lingkungan Sekitar Berdasarkan Jenis Usaha. Untuk memulai belajar kita literasi dulu ya. Oke...
Literasi
Muatan IPS
3.3 Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia serta hubungannya dengn karakteristik ruang
Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus bekerja. Jenis pekerjaan beraneka ragam ada pekerjaan yang menghasilkan barang atau benda, dan ada pekerjaan yang menghasilkan jasa
Sebagian besar masyarakat indonesia memiliki usaha yang bergerak dibidang pertanian. Profesi petani memiliki peran yang sangat penting bagi masyarakat. Petani berperan dalam menyediakan beberapa bahan pangan bagi masyarakat seperti beras, sayur-sayuran, buah, kentang, dan kedelai
Nelayan adalah orang yang mata pencahariannya menangkap ikan. Profesi nelayan berperan dalam menyediakan bahan pangan berupa ikan laut. Ikan dikonsumsi masyarakat sebagai sumber makanan yang mengandung protein tinggi.
Banyak orang yang disekitar kita beraktivitas sebagai pedagang. Profesi pedagang menyediakan barang kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan masyarakat seperti sabun, pasta gigi, alat sekolah, bahan pangan, dan peralatan rumah tangga.
Guru adalah orang yang pekerjaannya mengajar siswa. Tugas utama guru disekolah adalah menyampaikan ilmu pengetahuandan mendidik siswa. Dengan adanya guru masyarakat menjadi cerdas dan bangsa menjadi maju.
Peternak adalah orang yang memeilihara hewan ternak. Hewan ternak yang sering dipelihara antara lain ayam, itik, burung puyuh, kambing, sapi, kuda, kerbau, dan lebah madu.peternak berperan dalam menyediakan telur, susu, daging, dan madu.

  • Latihan tematik. Muatan IPS
1.     Pasangkanlah manfaat yang diperoleh dengan jenis usaha atau kegiatan ekonominya pada kotak di bawah ini
a. Anak-anak dapat meminum susu segar setiap hari ( )
b. Pengguna jalan dapat menggunakan jalan bersih dari sampah ( )
c. Setiap orang dapat menggunakan alas kaki yang nyaman sesuai ukuran kakinya ( )
d. Penumpang dapat sampai ke tempat tujuannya dengan nyaman. ( )
e. Masyarakat dapat mengubah penampilannya menjadi lebih baik dan menarik dengan riasan atau potongan rambut baru. ( )
f. Masyarakat dapat memanfaatkan kayu hasil hutan sebagai perabotan rumah tangga.( )
A. Petugas kebersihan 
B. Pengrajin Kayu
C. Pemerah susu sapi
D. Pabrik Sepatu
E. Pekerja Salon
F. Sopir kendaraan umum
        









2.    Tuliskan Kegiatan ekonomi yang berperan/terlibat dalam kegiatan ekonomi berikut ini
Contohnya
Penjual meubel ( penyedia batang kayu – perajin kayu – penjual meubel)

a. Penjual baju kebaya
b. Penjual Keripik Singkong
c. Penjual Kopi (Kakao)
d. Penjual ikan
Sikap menghargai usaha atau pekerjaan orang lain                                                                          3.3 menjelaskan sikap menghargai usaha atau pekerjaan orang lain

Petani kapas tidak dapat melakukan produksi kembali jika tidak mendapatkan uang dari kapas yang dihasilka kebunnya. Oleh sebab itu petani kapas memerlukan perajin pakaian ataupun industri kecil yang membeli kapas produksinya. Selanjutnya perajin pakaian ataupun industri tekstil pun tidak akan berkembang jika tidak ada yang membeli dan menggunakan pakaian hasil olahannya. Untuk menjaga hubungan tersebut maka harus membina hubungan baik satu dengan yang lainnya.  Berikut ini adalah cara menghargai usaha atau pekerjaan orang lain
1. Membayar ongkos angkutan umum sesui aturan
2. Membayar upah pegawi tepat waktu
3. Memberikan penghargaan atas pekerjaan atau usaha orang lain dengan mengucapkan pujian atau terima kasih
4. Melakukan persaingan secara sehat dengan memeberikan kesempatan dan kepercayaan kepada orang lain.

Materi Pengumpulan Dan Pengolahan Data Matematika


Data adalah suatu keterangan yang diperlukan untuk memecahkan suatu masalah atau mendapat gambaran suatu keadaan. Pengumpulan data dapat bersumber dari: hasil ujian siswa, skor suatu pertandingan, pengukuran tinggi badan, pendataan penduduk, dan lain-lain.
Cara mengumpulkan data dapat dilakukan dengan beberapa cara:
  1. Pengamatan langsung (observasi)
  2. Angket (kuesioner)
  3. Wawancara
Data yang terkumpul dapat disajikan dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, diagram lingkaran, atau diagram gambar (piktogram).

Sebagai contoh, hasil ulangan matematika siswa kelas enam adalah sebagai berikut:
6, 6, 5, 7, 8, 8, 4, 9, 8, 8, 9, 9, 6, 4, 7, 7, 8, 9, 10, 8,
8, 5, 9, 4, 5, 5, 8, 9, 7, 7, 6, 9, 8, 7, 7, 8, 9, 8, 10, 10.


1) TabelData di atas jika ditampilkan dalam bentuk tabel akan seperti berikut:

Nilai Ulangan Matematika Banyak Siswa
NilaiBanyak Siswa
43
54
64
77
811
98
103
Jumlah40

Dari bentuk tabel di atas, data akan jauh lebih mudah dibaca, dihitung rata-rata (Mean), nilai tengah (Median), Modus, bahkan diubah ke dalam diagram garis, diagram batang, diagram lingkaran, bahkan piktogram (diagram gambar).

2) Diagram Garis
diagram garis
3) Diagram Batang
diagram batang
4) Diagram Lingkaran
diagram lingkaran
Pada diagram lingkaran, kebanyakan frekuensi data disajikan dalam bentuk angka, persen, atau sudut.
5) Piktogram
Piktogram
Penyajian Piktogram hampir sama dengan tabel. Hanya saja pada piktogram frekuensi (banyak data) data diganti dengan simbol.

Soal Matematika


1. Di bawah ini adalah macam-macam sajian data, kecuali ....
A. tabel
B. piktogram
C. diagram
D. sketsa

Perhatikan diagram di bawah ini untuk menjawab soal nomor 2 dan 3!
2. Diagram di atas menunjukkan data hasil panen padi Desa Sukamakmur selama 6 tahun. Dari data di atas hasil panen terbanyak terjadi pada tahun…
A. 2008
B. 2007
C. 2006
D. 2005

3. Pada tahun 2007 hasil panen padi Desa Sukamakmur sebanyak …
A. 100 kuintal
B. 75 kuintal
C. 50 kuintal
D. 25 kuintal

4. Hasil dari nilai penilaian akhir semester ( PAS ) semester satu kelas 5 SD pelajaran matematika adalah sebagai berikut :
60 80 80 90 70 70 60 70
60 60 60 80 90 90 60 60
60 70 70 70 80 80 80 90
80 80 80 70 90 80 70 70
Buatlah tabel berdasarkan data di atas!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema 7 Kelas 5 Subtema 1 Pb 3 KOSAKATA PADA BACAAN (HALAMAN 32)

Kamis, 10 februari 2022