SELASA 17 MARET 2020 TEMA 8 SUB 2 PB 5 dan 6
SELASA 17 MARET 2020
TEMA 8 SUB 2 PB 5 dan 6
Tari Suling Dewa
Tari Suling Dewa
Air merupakan sumber kehidupan. Ketika hujan tidak turun dalam waktu lama, bencana kekeringan dapat melanda suatu daerah. Saat itu banyak kegiatan manusia terganggu karena berkurangnya air bersih akibat kekeringan.
Banyak cara dilakukan masyarakat untuk menghadapi bencana kekeringan, misalnya di Desa Bayan, Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Ketika musim kemarau tiba, para tokoh adat atau sesepuh adat Desa Bayan melakukan ritual lewat tarian yaitu Tari Suling Dewa. Tarian tersebut merupakan sarana permohonan doa kepada Tuhan Yang Mahakuasa agar hujan segera turun.
Banyak cara dilakukan masyarakat untuk menghadapi bencana kekeringan, misalnya di Desa Bayan, Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Ketika musim kemarau tiba, para tokoh adat atau sesepuh adat Desa Bayan melakukan ritual lewat tarian yaitu Tari Suling Dewa. Tarian tersebut merupakan sarana permohonan doa kepada Tuhan Yang Mahakuasa agar hujan segera turun.
Berdasarkan bacaan di atas jawablah pertanyaan di bawah ini !
1. Dari mana asal Tari Suling Dewa?
Tari Suling Dewa berasal dari Desa Bayan, Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.
2. Kapan dilakukan Tari Suling Dewa?
Tari Suling Dewa dilakukan saat musim kemarau berkepanjangan.
3. Siapa yang melakukan Tari Suling Dewa?
Tari Suling Dewa dilakukan oleh sesepuh adat atau tokoh adat Desa Bayan
4. Apa tujuan dilakukan Tari Suling Dewa?
Tari Suling Dewa dilakukan sebagai sarana permohonan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar hujan segera turun.
5. Mengapa air penting bagi manusia?
Air penting bagi manusia sebagai sumber kehidupan. Manusia membutuhkan air karena 90% tubuh kita merupakan cairan. Air juga kita perlukan untuk sarana kebersihan.
Seni Tari di Indonesia
Seni Tari di Indonesia
Seni tari yang berkembang di Indonesia begitu banyak dan beragam. Tari daerah adalah tari-tarian yang tumbuh dan terus berkembang sesuai kelompok masyarakat pendukungnya. Tari daerah ini memiliki keunikan gerak, bentuk penyajian, iram musik pengiring, rias dan busana
Peran tari bagi masyarakat Indonesia di antaranya adalah sebagai pempersatu. Lewat tari warga berinteraksi, bergaul dan berkomunikasi. Menciptakan hubungan yang lebih baik.tari juga dapat menjadi simbol sebuah daerah di nusantara.
Tarian daerah menggambarkan tradisi dan tata cara kehidupan penduduk di suatu daerah. Tarian biasanya menjadi ciri khas pertunjukan pada upacara adat atau peristiwa penting. Berikut beberapa tarian daerah di Indonesia.
Peran tari bagi masyarakat Indonesia di antaranya adalah sebagai pempersatu. Lewat tari warga berinteraksi, bergaul dan berkomunikasi. Menciptakan hubungan yang lebih baik.tari juga dapat menjadi simbol sebuah daerah di nusantara.
Tarian daerah menggambarkan tradisi dan tata cara kehidupan penduduk di suatu daerah. Tarian biasanya menjadi ciri khas pertunjukan pada upacara adat atau peristiwa penting. Berikut beberapa tarian daerah di Indonesia.
No.
|
Tarian
|
Daerah
|
1.
|
Tari Seudati, Tari Saman Meusekat
|
Aceh
|
2.
|
Tari Serampang Dua Belas, Tari Tor-tor
|
Sumut
|
3.
|
Tari Piring, Tari Payung
|
Sumbar
|
4.
|
Tari Tandak, Tari Makan Sirih
|
Riau
|
5.
|
Tari Joget Lambak
|
Kepri
|
6.
|
Tari Sekapur Sirih, Tari Selampir Del
|
Jambi
|
7.
|
Tari Andun, Tari Bidadari Teminang Anak
|
Bengkulu
|
8.
|
Tari Tanggai, Tari Putri Bekhusek
|
Sumsel
|
9.
|
Tari Campak
|
Babel
|
10.
|
Tari Jangget, Tari Melinting, Tari Badana
|
Lampung
|
11.
|
Tari Jaipong, Tari Topeng Kuncaran, Tari Merak
|
Jabar
|
12.
|
Tari Merak, Tari Cokek
|
Banten
|
13.
|
Tari Topeng, Tari Yopong
|
DKI Jakarta
|
14.
|
Tari Serimpi, Tari Blambang Cakil, Tari Gambyong
|
Jateng
|
15.
|
Tari Golek Menak, Tari Bedhaya
|
DIY
|
16.
|
Tari Remong, Tari Reog Ponorogo, Tari Padang Wulan
|
Jatim
|
17.
|
Tari Monong, Tari Zapin Tembung
|
Kalbar
|
18.
|
Tari Tambun dan Bungai, Tari Balean Dadas
|
Kalteng
|
19.
|
Tarian Kancet Ledo
|
Kalut
|
20.
|
Tari Gong, Tari Perang
|
Kaltim
|
21.
|
Tari Baksa Kembang, Tari Radab Rahayu
|
Kalsel
|
22.
|
Tari Legong, Tari Kecak, Tari Pendet
|
Bali
|
23.
|
Tari Maengket, Tari Polo
|
Sulut
|
24.
|
Tari Saronde
|
Gorontalo
|
25.
|
Tari Lumense, Tari Moduai, Tari Peule Cinde
|
Sulteng
|
26.
|
Tari Toerang Batu
|
Sulbar
|
27.
|
Tari Kipas, Tari Bosara
|
Sulsel
|
28.
|
Tari Balumpa, Tari Dinggu
|
Sultra
|
29.
|
Tari Mpa Lenggogo, Tari Gandrung
|
NTB
|
30.
|
Tari Perang, Tari Caci, Tari Gawi
|
NTT
|
31.
|
Tari Lenso, Tari Cakelele
|
Maluku
|
32.
|
Tari Perang, Tari Nahar Ilaa
|
Malut
|
33.
|
Tari Suanggi, Tari Perang Papua
|
Papua
|
34.
|
Tari Selamat Datang, Tari Musyoh
|
Papua Barat
|
Setiap tari daerah tersebut mempunyai pola lantai yang menjadi ciri khusus. Pola lantai merupakan garis imajiner yang dibuat oleh formasi penari kelompok. Secara umum, pola lantai berupa garis lurus atau garis lengkung.
Berikut pola lantai Tari Seudati dari Aceh.
Penyajian tari lebih lengkap dengan iringan. Iringan tari merupakan salah satu unsur pertunjukan tari. Ada iringan tari yang berasal dari tubuh manusia. Ada juga iringan tari yang berasal dari berbagai alat musik benda yang dimainkan.
Iringan tari yang berasal dari tubuh manusia misalnya tepukan tangan, hentakan kaki, dan suara-suara dari mulut (siulan atau nyanyian). Iringan tari yang menggunakan alat musik ada yang berupa alat musik tradisional dan ada juga yang berupa alat musik modern.
Tindakan Untuk Melestarikan Lingkungan
TUGAS SISWA :
Diskusikan dengan orangtuamu tindakan apa saja yang dapat kalian lakukan untuk melestarikan lingkungan?
Berikan contoh tindakan untuk melestarikan lingkungan:
1. ....................................................
2. ....................................................
3. ....................................................
4. ....................................................
5. ....................................................
Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa untuk Menunjukkan Cinta Tanah Air
Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa untuk
Menunjukkan Cinta Tanah Air
Yayasan Sukma Bangsa Bireuen di Aceh menggelar lomba seni tari kreasi nusantara. Lomba ini diikuti oleh sembilan grup tari dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Bireuen, Aceh. Anak-anak dari PAUD tampil lucu dengan seragam unik. Penampilan mereka benar-benar menyedot perhatian ratusan pengunjung.
Kebanyakan peserta lomba menampilkan Tari daerah Aceh. Di antara peserta ada yang menampilkan Tari Ranup Lam Puan, Bungong Jeumpa, dan Tarek Pukat. Namun, ada pula beberapa peserta menampilkan seni tari dari provinsi lain di Indonesia. Salah satu di antaranya yakni PAUD Tun Sri Lanang.
Anak-anak dari PAUD Tun Sri Lanang menyuguhkan tari Cublak- Cublak Suweng dari Jawa. Tujuh anak laki-laki menyajikan tarian. Mereka mengenakan kostum yang sederhana. Namun, gaya kocak anak-anak dalam menampilkan tarian berhasil memukau para penonton.
“Kita ingin menampilkan sajian yang berbeda. Kita juga ingin menunjukkan kebinekaan tari di Indonesia,” kata Ibu Surya Murni, pendidik pada PAUD Tun Sri Lanang.
Menurut Ibu Surya Murni, anak usia PAUD seharusnya diperkenalkan dengan keragaman suku bangsa agar bisa melestarikannya kelak. “Tanpa mengesampingkan kearifan lokal, sewajarnya anak-anak ditanamkan rasa cinta tanah air dengan aneka ragam suku dan budaya yang ada di Indonesia,” tambah Ibu Surya Murni.
Lomba seni tari kreasi anak-anak PAUD merupakan pendekatan dasar agar anak cinta budaya bangsanya. Semoga ke depan banyak pihak yang menyelenggarakan acara lomba tari agar mendukung upaya mewarisi budaya-budaya Nusantara. Acara lomba tari sekaligus sebagai ajang kreativitas anak usia dini agar tampil percaya diri di hadapan banyak orang.
Kebanyakan peserta lomba menampilkan Tari daerah Aceh. Di antara peserta ada yang menampilkan Tari Ranup Lam Puan, Bungong Jeumpa, dan Tarek Pukat. Namun, ada pula beberapa peserta menampilkan seni tari dari provinsi lain di Indonesia. Salah satu di antaranya yakni PAUD Tun Sri Lanang.
Anak-anak dari PAUD Tun Sri Lanang menyuguhkan tari Cublak- Cublak Suweng dari Jawa. Tujuh anak laki-laki menyajikan tarian. Mereka mengenakan kostum yang sederhana. Namun, gaya kocak anak-anak dalam menampilkan tarian berhasil memukau para penonton.
“Kita ingin menampilkan sajian yang berbeda. Kita juga ingin menunjukkan kebinekaan tari di Indonesia,” kata Ibu Surya Murni, pendidik pada PAUD Tun Sri Lanang.
Menurut Ibu Surya Murni, anak usia PAUD seharusnya diperkenalkan dengan keragaman suku bangsa agar bisa melestarikannya kelak. “Tanpa mengesampingkan kearifan lokal, sewajarnya anak-anak ditanamkan rasa cinta tanah air dengan aneka ragam suku dan budaya yang ada di Indonesia,” tambah Ibu Surya Murni.
Lomba seni tari kreasi anak-anak PAUD merupakan pendekatan dasar agar anak cinta budaya bangsanya. Semoga ke depan banyak pihak yang menyelenggarakan acara lomba tari agar mendukung upaya mewarisi budaya-budaya Nusantara. Acara lomba tari sekaligus sebagai ajang kreativitas anak usia dini agar tampil percaya diri di hadapan banyak orang.
(Sumber: http://edukasi.kompas.com)
Jawablah pertanyaan berikut dengan berdiskusi bersama kelompokmu.
- Peristiwa apa yang terdapat pada teks “Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa untuk Menunjukkan Cinta Tanah Air”? Peristiwa yang terdapat pada teks antara lain digelarnya lomba seni tari kreasi nusantara di Aceh, peserta lombamenampilkan berbagai tarian daerah Aceh, ada peserta lomba menarikan tarian daerah Jawa, dan penampilan anak-anak menarik perhatian pengunjung.
- Mengapa ada anak Aceh yang menampilkan tarian Jawa? Ada anak Aceh yang menarikan tarian Jawa karena ingin menampilkan sajian yang berbeda dan menunjukkan kebinekaan tari di Indonesia.
- Sikap apa yang dapat ditiru dari teks “Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa untuk Menunjukkan Cinta Tanah Air”? Sikap yang dapat ditiru antara lain kreatif, berani tampil dengan percaya diri, menghargai kebudayaan daerah lain, dan cinta tanah air.
- Tarian apa yang pernah kamu peragakan? Tari Jaranan
- Apakah kamu berminat belajar tari daerah lain? Mengapa? Saya berminat mempelajari tari daerah lain untuk lebih mengenal berbagai tarian dan untuk menunjukan rasa cinta tanah air dan bangsa.
- Ceritakan pengalaman menarik saat kamu atau temanmu menarikan tarian daerah lain. Ketika kita mnarikan tarian daerah lain ternyata kita dapat mengetahui berbagai macam seni yang berasal dari daerah lain.
Pelajaran LEB BAHASA IBU EVA MARISSA
Materi ajar
Kelas. :5 E dan 5 F
B. Study : Lab Bahasa Inggris
Tema. : Time
Kelas. :5 E dan 5 F
B. Study : Lab Bahasa Inggris
Tema. : Time
Pemberitahuan tentang waktu.
Dengan adanya gambar diatas memudahkan siswa untuk dapat membaca jam dalam bahasa Inggris.
Jika siswa sudah bisa membaca jam dalam bahasa Indonesia maka siswa bisa lebih mudah membaca jam dalam bahasa inggris.
Dalam bahasa indonesia siswa mengetahui adanya adanya misal pukul 9 lewat 10 menit
Atau pukul 9 kurang 10 menit, atau pukul 10 tepat.
Dari gambar diatas bisa dilihat jika siswa ingin mengucapkan pukul 10 tepat siswa cukup mgucapkan dengan Ten o'clock.
Jika siswa akan mengucapkan pukul 9.10 siswa bisa melihat dari gambar bagian kanan yaitu menggunakan kata "past", tetapi yg disebutkan menit terlebih dahulu setelah itu baru jam nya jadi pukul 9.10 adalah Ten past Nine.
Begitu jg dengan 8.50, siswa bisa melihat dibagian sebelah kiri yaitu menggunakan kata "to" jadi 8.50 adalah Ten to nine.
Komentar
Posting Komentar