Selasa/4 agustus 2020

MATERI AJAR

Kelas             : III
Tema 1          : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk hidup
Sub Tema 3   : Pertumbuhan Hewan
Hari/Tanggal : Selasa/4 Agustus 2020



Bahasa Indonesia (3.4)













Pertumbuhan Kucing 

Hari ini Siti senang sekali. Kucing peliharaan Siti melahirkan 5 anak kucing yang lucu. Anak kucing yang dilahirkan memiliki warna yang berbeda. Tiga anak kucing berwarna putih seperti induknya. Satu anak kucing berwarna hitam. Satu anak kucing lainnya berwarna belang. 

Siti senang memelihara kucing karena kucing termasuk hewan yang pintar. Siti menyiapkan tempat tinggal kucing dan menjaga kebersihannya. Setiap hari Siti memberi makan, minum, dan memandikan kucingnya secara teratur. 

Kucing peliharaan Siti tumbuh besar. Kucing Siti mengalami pertumbuhan. Siti menyayangi dan menjaga hewan peliharaannya. 








Kucing merupakan hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Kulit kucing ditumbuhi rambut. Kucing bernapas dengan paru-paru. Amati di sekitar sekolahmu. Adakah hewan yang memiliki kesamaan ciri-ciri dengan kucing?


Ayo Amati!

Ciri-ciri Ikan 

Ikan merupakan salah satu contoh makhluk hidup. Ikan bernapas dengan insang. Ikan bergerak dengan cara berenang menggunakan sirip.




Ikan berkembang biak dengan cara bertelur. Ikan dapat bertelur sampai ribuan dalam sekali waktu. Telur menetas menjadi larva. Larva tumbuh menjadi ikan kecil. Kemudian, ikan kecil menjadi ikan dewasa. Ikan mengalami pertumbuhan. Ikan bernapas dengan insang. Ikan bergerak dengan cara berenang menggunakan sirip. 



PKN (3.4)

Kita harus menghargai perbedaan kemampuan teman kita. Mengajak berlatih bersama untuk meningkatkan kemampuan adalah hal baik yang dapat kamu lakukan. Mengajak berlatih bersama merupakan salah satu sikap saling menghargai kemampuan teman. Jika kita selalu menjaga sikap saling menghargai, maka kita dapat menjalin pertemanan dengan baik. 

Tuhan sangat meyayangi anak yang suka menolong. Tuhan juga sangat senang terhadap anak yang menghargai temannya. Menyayangi dan menghargai teman termasuk melaksanakan perintah Tuhan. Menyayangi dan menghargai teman juga termasuk pengamalan sila-sila Pancasila. Tahukah kamu menghargai dan menyayangi termasuk pengamalan sila Pancasila yang mana?


SBDP (3.1)

Ikan merupakan salah satu contoh makhluk hidup. Ikan bernapas dengan insang. Ikan bergerak dengan cara berenang menggunakan sirip. Bentuk dan jenis ikan yang beraneka ragam dapat menjadi sumber ide dalam membuat sebuah karya gambar hias bermotif hewan.

Gambar hias bermotif ikan adalah gambar ikan  yang disederhanakan. Meskipun disederhanakan, gambar hias tidak meninggalkan bentuk aslinya. 
Bentuk dan warna pada gambar hias terkadang berbeda dari aslinya. Namun, kesan gambar aslinya masih tetap tampak.

Keindahan gambar hias terletak pada warna, garis, dan bentuk motifnya. Gambar di atas adalah contoh gambar dekoratif ikan. 

Matematika (3.1)

Untuk menyelesaikan perkalian bilangan yang besar, perhatikan contoh berikut! 
2 × 210 =  ...  
Sifat pertukaran perkalian 2 × 120 = 120 × 2. 
210 = 200 + 10 + 0 
Kalikan masing-masing bilangan dengan angka 2. 
2 × 200 = 400 





















Agar lebih jelas silahkan simak video pembelajaran berikut!


Demikian video pembelajaran hari ini, semoga setelah menyimak pembelajaran ini anak-anak ibu guru dapat memahami materi pelajaran hari ini. Selanjutnya silahkan kerjakan latihan di bawah ini!

LATIHAN

Kerjakan latihan di bawah ini dengan perkalian bersusun!

Tugas selanjtnya cobalah hias gambar ikan di bawah ini dengan menggunakan berbagai garis seperti contoh pada materi pembelajaran di atas! 
Kamu boleh menghias gambar ikan sesuai imajinasimu.






















Kirimkan hasil latihan dan tugasmu melalui aplikasi WA Ibu guru, semangat belajar semoga mendapat ilmu yang bermanfaat 😊😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamis, 27 Mei 2021