Jumat, 28 agustus 2020

MATERI AJAR


Kelas              : III

Tema 2           : Menyayangi Tumbuhan dan Hean
Sub Tema 2    : Manfaat Hewan Bagi Kehidupan Manusia
Hari/Tanggal  : jumat/28 Agustus 2020
Pembelajaran : 5-6



Assalaamualaikum... 
bagaimana kabarnya hri ini anak sholeh dan sholehah,
Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa 

Ayo anak ibu guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu dibaca yaa penjelasan Ibu guru.

Bahasa Indonesia 3.8

Hari ini Beni ingin bercerita tentang dongeng yang pernah dibacanya. Beni terkenal pandai bercerita di antara temantemannya. Ia bercerita tentang Kuda dan Keledai. Kuda dan Keledai adalah hewan yang digunakan untuk mengangkut beban. Juga sering digunakan untuk alat transportasi. 
Apakah kalian ingin tahu ceritanya? 
Kita baca dongengnya di dalam hati, yuk!

Kuda dan Keledai yang Sarat dengan Beban
Pengarang: Aesop

Pernah ada seorang pria yang memelihara seekor kuda dan seekor keledai. Kebiasaan pria tersebut memuati keledainya dengan beban yang berat. Keledai tersebut terhuyung-huyung karena beban yang terlalu berat. Sementara Kuda berjalan dengan beban yang ringan.

Pada suatu hari mereka melakukan perjalanan. Keledai berkata kepada Kuda, “Maukah kamu mengangkut sebagian dari beban saya? Saya merasa sangat tidak enak badan. Jika kamu mau membawa sebagian bebanku, mungkin saya akan cepat sembuh. Beban yang terlalu berat ini bisa membunuhku.”

Kuda hanya menendang-nendangkan kakinya. Ia berkata kepada Keledai agar tidak usah mengeluh. Ia tidak mau diganggu dengan kata-kata keluhan.

Keledai terhuyung-huyung selama berjalan setengah kilometer. Tiba-tiba ia jatuh ke tanah dan mati. Si Pemilik datang dan hanya bisa berpasrah dengan apa yang telah terjadi. Ia melepaskan beban dari keledai yang telah mati. Semua beban ditempatkan di atas punggung kuda. “Aduh,” keluh Kuda saat dia merasakan beban berat. Beban bertambah dengan berat tubuh Keledai yang telah mati. “Sekarang saya mendapatkan ganjaran karena sifat saya yang jelek.” “Saya menolak menanggung sebagian beban Keledai. Sekarang saya harus membawa seluruh beban. Ditambah dengan berat tubuh teman saya yang malang ini.”

PKN 3.3

Setiap hari Beni memberikan makanan kepada ayam-ayamnya. Beni juga membantu ayah membersihkan kandang ayam. Ayam-ayamnya sudah menghasilkan telur, daging, dan suara yang indah. Beni berpikir ayam akan senang jika kandangnya bersih.

Di sekolah, Beni juga selalu berbuat baik. Ia sering membantu teman yang terjatuh supaya berdiri kembali. Kita perlu bersikap baik kepada sesama manusia. Kita akan merasa senang jika ada orang lain yang menolong kita. Orang lain pun akan merasakan senang jika kita membantu mereka.



Bersikap baik kepada sesama manusia adalah bentuk pengamalan Pancasila. Tepatnya pengamalan sila kedua Pancasila, yaitu Kemanusiaan yang adil dan beradab.



Diskusikanlah dengan temanmu, sikap baik apa saja yang telah kalian lakukan! Tulislah sikap-sikap baik yang telah dilakukan pada tempat yang tersedia.


No.Sikap-sikap baik yang telah
kamu lakukan
Sikap-sikap baik yang
temanmu sudah lakukan
1.Membantu teman yang mengalami kesulitanDitolong teman saat kesulitan mengerjakan soal
2.Menjenguk teman yang sedang sakitSemua teman mau bergaul denganku
3.Meminjamkan alat tulis kepada temanSemua teman bersikap ramah kepadaku
4.Berbagi makanan dengan temanDipinjami alat tulis saat lupa membawa alat tulis
5.Menghargai pendapat temanPendapatku selalu dihargai teman.


Matematika 3.1

Ayo Berlatih
Beni sedang mengerjakan PR matematika. Ternyata soal-soalnya tentang perkalian. Ia teringat tentang cara menyimpan anak ayamnya di kandang.

Ia bisa membaginya dalam beberapa kelompok. Isilah titik-titik di bawah ini dengan memperhatikan sifat pertukaran pada perkalian!
  1. 7 × 5 = 5 × 7
  2. 9 × 6 = 6 × 9
  3. 5 × 5 = 5 × 5
  4. 6 × 7 = 7 × 6
  5. 7 × 3 = 3 × 7
  6. 8 × 6 = 6 × 8
  7. 5 × 9 = 9 × 5
  8. 8 × 5  = 5 × 8
  9. 9 × 7 = 7 × 9
  10. 10 × 6  = 6 × 10


Naah kalian sudah mempelajari pembelajaran hari ini, Ibu guru harap semua dapat memahami materi pembelajaran hari ini,
Wassalaamualaikum 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamis, 27 Mei 2021