selasa,11 agustus 2020

MATERI AJAR




Kelas             : III
Tema 1          : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk hidup
Sub Tema 4   : Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
Hari/Tanggal : Selasa/11 Agustus 2020





Bahasa Indonesia (3.4)


Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Biji 


Sebagian besar tumbuhan berkembang biak dengan biji. Tumbuhan dewasa akan berbunga dan menghasilkan buah. Di dalam buah terdapat biji. Biji berkembang menjadi tanaman baru. Tanaman baru tumbuh menjadi dewasa dan berbuah. Perputaran tahapan perkembangan tersebut membentuk sebuh siklus atau daur hidup. 

Perhatikan gambar bagian-bagian biji di bawah ini. 















Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Tunas 


Selain dengan biji, tumbuhan berkembang biak dengan tunas. Tunas adalah anakan yang tumbuh di dekat tumbuhan induknya. Ada juga tunas yang tumbuh di daun induk, contohnya tanaman cocor bebek. Salah satu contoh tumbuhan yang bertunas adalah pisang dan cocor bebek.







Tunas pisang tumbuh dari batang yang ada di dalam tanah. Tunas pisang tumbuh menjadi tumbuhan baru di sekitar induknya. Tumbuhan cocor bebek berkembang biak dengan tunas daun. Tunas cocor bebek tumbuh di tepi daun. Gambar tersebut adalah gambar pohon bambu, cocor bebek, dan pohon pisang.





Pohon bambu juga berkembang biak dengan tunas. Anakan pohon bambu akan tumbuh di dekat tumbuhan induknya. Batang pohon bambu banyak manfaatnya. Salah satu manfaatnya digunakan untuk bermain.










Bunga adalah bagian dari tumbuhan. Bunga diperlukan dalam proses perkembangbiakan sebagian tumbuhan. Ada banyak jenis bunga yang ada di sekitar kita. Berikut ini adalah bunga kebanggaan Indonesia.




Beberapa negara memiliki bunga nasional. Bunga nasional adalah bunga yang dapat mewakili karakteristik sebuah bangsa dan negara. Misalnya bunga tulip dikenal sebagai bunga negara Belanda. Mawar lebih dikenal sebagai bunga negara Inggris. 




Indonesia memiliki tiga bunga nasional. 



  • Sebutan lain untuk bunga di Indonesia adalah puspa. 
  • Bunga melati putih disebut dengan puspa bangsa. 
  • Bunga anggrek bulan disebut dengan puspa pesona. Bunga raflesia arnoldi disebut dengan puspa langka.


PKN (3.4)


Pentingnya Bekerja Sama Bermain lompat bambu memerlukan kerja sama yang baik antara sesama pemegang bambu maupun pemainnya. Jika tidak ada kerja sama akan membahayakan pemain dan pemegang bambu. 


Tangan pemegang bambu bisa terjepit bambu jika tidak bekerja sama dengan baik. Kaki yang melompat pemain akan tersangkut dan terjepit bambu jika tidak ada kerja sama yang baik. 


Selain kerja sama, konsentrasi pemain juga sangat penting saat bermain lompat bambu. Jika tidak berkonsentrasi, maka akan membahayakan seluruh pemain. 



Matematika (3.1)


Bunga memiliki banyak manfaat untuk kegiatan manusia. Kebun dengan bunga yang berwarnawarni nampak lebih indah. Hiasan bunga yang disimpan di vas bunga menambah cantik ruangan. 


Bunga juga sering digunakan dalam kegiatan-kegiatan lainnya. Misalnya bunga melati digunakan untuk acara pernikahan. Ungkapan bela sungkawa pun terkadang menggunakan rangkaian bunga. 


Oleh karena banyak orang yang memerlukan bunga, maka ada pasar khusus yang menjual bunga. Para petani menjual bunga yang telah ditanam ke pasar tersebut.


Masih ingatkah kamu cara menyelesaikan soal pembagian? 

Contoh: Seorang petani memanen bunga mawar. Hasil panennya ada 141 tangkai bunga mawar. Petani akan menyimpan dalam 3 tempat, yang masingmasing memuat tangkai bunga sama banyak. Proses di atas ditulis dalam bentuk pembagian.

















Agar dapat lebih memahami materi kali ini, maka silahkan simak video di bawah ini!






SBDP (3.3)


Bunga yang berwarna-warni dapat menjadi ide dalam membuat karya. Masih ingatkah kamu dengan kerajinan mozaik? 


Latihan

Warnai gambar bunga di bawah ini menggunakan kertas warna yang dipotong-potong. Kertas potong dapat diperoleh dengan menyobek atau menggunting.







Kirimkan hasil mozaikmu ke aplikasi WA ibu guru ya...

Demikian pembelajaran kita hari ini semoga senantiasa mendapat ilmu yang bermanfaat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamis, 27 Mei 2021