Sub Tema : Tugasku Sehari-hari di rumah (Sub Tema 1)
Pembelajaran : 1
Apa kabar anak-anak bu guru di rumah ? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Ayo kita buka pembelajaran hari ini dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya..
Yuk literasi materi hari ini ... .
Mari kita simak pembelajaran berikut ini bersama!
Pada Pembelajaran 1 Tema 3 Subtema 1 Tugasku Sehari hari di Rumah akan mempelajari tentang membaca, menyebutkan dan memahami isi teks berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah. Menyebutkan, membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan uang. Memahami panjang pendek bunyi, kuat lemah bunyi dengan simbol secara cermat. Menyuarakan panjang pendek bunyi dan kuat lemah bunyi. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Tugasku Sehari-hari
Siti siswa kelas 2.
Siti tinggal di kampung.
Rumah Siti terletak di antara rumah Adi dan rumah Ayu.
Siti siswa yang rajin dan pandai.
Siti selalu mengerjakan tugas yang diberikan guru.
Di rumah, Siti anak yang berbakti.
Siti selalu membantu ayah dan ibu.
Siti juga seorang anak yang rajin beribadah.
Teman-teman Siti banyak yang berbeda agama.
Mereka menjalankan ibadah masing-masing.
Di lingkungan rumah,
Siti memiliki banyak teman.
Mereka sering bermain bersama.
Ayo Mengamati
Hari ini adalah hari Minggu.
Ayah, ibu, Siti, dan Ali merawat kebun di belakang rumah.
Ibu memetik sayuran.
Ayah mencabut rumput.
Siti dan adik menyiram sayuran.
Semua bekerja sama merawat kebun.
Hasil panen kebun sayur sebagian dijual.
Siti dan adik selalu membantu ayah dan ibu.
Membantu Ayah dan Ibu adalah tugas Siti di rumah.
Mengenal Letak Rumah
Ayo Mengamati
Siti tinggal di Jalan Ki Hajar Dewantara nomor 25.
Di sebelah kanan rumah Siti, ada rumah Adi.
Di sebelah kiri rumah Siti, ada rumah Ayu.
Di depan rumah Siti, ada musala.
Rumah Siti terletak tidak jauh dari sekolah.
Siti berangkat ke sekolah diantar Ayah.
Kadang, Siti pergi ke sekolah naik angkutan umum.
Ongkos angkutan dari rumah ke sekolah seribu rupiah.
Ayo Membaca
Ayo, bacalah sekali lagi teks tentang tempat tinggal Siti!
Lalu, jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Siapakah yang tinggal di sebelah kanan rumah Siti?
Adi tinggal di sebelah kanan rumah Siti
2. Siapakah yang tinggal di sebelah kiri rumah Siti?
Ayu tinggal di sebelah kiri rumah Siti.
3. Di manakah rumah Siti?
Rumah Siti di Jalan Ki Hajar Dewantara nomor 25
4. Berapa ongkos angkutan umum dari rumah Siti ke sekolah?
Ongkos angkutan umum dari eumah Siti ke sekolah Rp1.000,00.
Ayo Berlatih
Hubungkan dengan garis. Hubungkan kalimat berikut yang sesuai dengan jawaban di sebelah
kanan. Sesuai berdasarkan denah pada halaman 4!
Ayo Mengamati
Setiap hari, Siti mendapat uang saku.
Uang saku Siti terdiri atas berbagai pecahan uang.
Siti selalu menyimpan sisa uang sakunya.
Mengenal Pecahan Nilai Uang
No.
Uang Logam
Penjelasan
1.
Uang seratus rupiah ditulis : Rp100,00 dibaca : seratus rupiah
2.
Uang dua ratus rupiah ditulis : Rp200,00 dibaca : dua ratus rupiah
3.
Uang lima ratus rupiah ditulis : Rp500,00 dibaca : lima ratus rupiah
4.
Uang seribu rupiah ditulis : Rp1.000,00 dibaca : seribu rupiah
Membandingkan Pecahan Uang
Ayo Berlatih
Bandingkan pecahan mata uang berikut!
Urutkan pecahan uang berikut mulai dari yang nilainya terkecil!
Di depan rumah Siti terdapat musala.
Di sana terdapat kentongan yang dibunyikan saat waktu salat tiba.
Kita bisa membuat bunyi kentongan bervariasi.
Bunyi yang teratur berulang disebut irama.
Banyak ketukan dalam setiap ruas disebut Birama.
Pola Ketukan Birama
Keterangan:
T : tepuk tangan
K : hentak kaki
Ayo Mencoba
Lakukan kegiatan seperti gambar di bawah ini untuk mendapatkan irama!
Beberapa irama dapat digabungkan.
Kalian juga dapat membuat irama dengan tepuk tangan dan memukul meja.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Coba kalian tanyakan kepada orang tua kalian letak rumah kalian! hapalkan ya alamat rumahmu dan nomor telepon orang tuamu, agar kamu tahu ketika ditanya oleh guru,temanmu atau orang lain. ini juga berguna ketika kamu tersesat di mall atau tempat wisata.
Tugas
1.
Uang pecahan di atas dibaca ....
2.
Uang pecahan di atas ditulis ....
Bandingkan uang pecahan di bawah ini dengan menuliskan kalimat “ lebih besar dari” atau “lebih kecil dari”
3.
.....
4. .....
5. Urutkanlah pecahan uang di bawah ini mulai dari yang paling kecil!
, ,
Nah anak-anak, demikian pembelajaran kita hari ini. Jika telah selesai, kirimkan kolase foto hasil penugasan kepada ibu guru.
Silakan berdoa dan rapikan kembali perlengkapan belajarnya.
Oh iya, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah membimbing kalian belajar hari ini.
Sampai jumpa, salam sehat dan tetap semangat. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 👍
MATERI AJAR Hari/Tanggal : Kamis, 6 Mei 2021 Kelas : 3D Tema : 8 ( Praja Muda Karana) Subtema : 4( Aku Suka Berkarya ) Pembelajaran : 5 Tujuan pembelajaran : Sikap pancasila menentukan diagram membaca denah bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah, Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa Ayo anak ibu guru, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu siapkan untuk belajar. kemarin kita belajar tentang memahami isi teks tentang teknologi komunikasi, Mengetahui isi teks teknologi komunikasi. Nah sekarang kita akan belajar untuk Menentukan Sikap pancasila, menentukan diagram, membaca denah Menga...
1. Jumlah satuan kubus pada gambar di bawah adalah ..... A. 27 B. 36 C. 48 D. 56 2. Jumlah kubus satuan yang menyusun bangun di bawah adalah ..... A. 24 B. 40 C. 48 D. 56 3. Volume kubus dengan panjang sisi 8 cm adalah ..... A. 64 cm³ B. 128 cm³ C. 256 cm³ D. 512 cm³ 4. Volume bangun ruang di bawah adalah ..... A. 1.728 cm³ B. 2.197 cm³ C. 2.744 cm³ D. 3.375 cm³ 5. Tentukan panjang sisi kubus jika diketahui volume kubus 3.375 cm³ ! A. 5 cm B. 15 cm C. 25 cm D. 35 cm 6. Panjang balok 28 cm dan lebarnya 18 cm dan tinggi 8. Volume balok adalah ..... A. 4.032 cm³ B. 5.658 cm³ C. 6.784 cm³ D. 7.296 cm³ 7. Volume balok 10.780 cm³. Panjang 35 cm dan lebar 22 cm. Tinggi balok adalah .... A. 7 cm B. 12cm C. 14 cm D. 18 cm 8. Fajri mempunyai 2 buah kubus dengan panjang sisi 13 cm dan 17 cm. Berapa selisih volume kedua kubus Fajri? A. 2.176 cm³ C. 2.766 cm³ B. 2.716 cm³ D. 2.876 cm³ 9. Berikut adalah jaring – jaring kubus, kecuali ..... A....
Kamis, 14 November 2019 Soal Matematika Mengenai Kecepatan, Rumus: J= K x W, K= J : W, W= J : K 11 . Edo seorang pelari. Ia mampu berlari sejauh 100 m dalam 10 detik. Berapakah kecepatan larinya? 22 . Sebuah sepeda dalam 10 menit dapat menempuh jarak 2000 m. Kecepatan sepeda tersebut adalah … m/menit. 33 . Sebuah sepeda motor dalam 5 menit dapat menempuh jarak 6000 m. Kecepatan s sepeda motor tersebut adalah … km/jam. 44 . Sebuah mobil menempuh jarak 20 km dalam waktu 15 menit. Kecepatan mobil tersebut adalah … km/jam. 55 . Sebuah bus dapat menempuh jarak 40 km dalam waktu 20 ...
Komentar
Posting Komentar