Sub Tema : Tugasku Sehari-hari di rumah (Sub Tema 1)
Pembelajaran :5
Apa kabar anak-anak bu guru di rumah ? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Ayo kita buka pembelajaran hari ini dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya..
Yuk kita simak dan literasi materi hari ini ... .
Pada Pembelajaran 5 Tema 3 Subtema 1 Tugasku Sehari hari di Rumah akan mempelajari tentang memahami gerakan menendang dan menggiring bola. Melakukan gerakan menendang dan menggiring bola. Memahami isi teks berkaitan dengan permainan kucing-kucingan. Menemukan kosakata berkaitan dengan permainan kucing-kucingan. Menemukan makna kosakata berkaitan dengan permainan kucing-kucingan. Menyebutkan perilaku yang sesuai sila kedua Pancasila di rumah. Menceritakan pengalaman perilaku yang sesuai sila kedua Pancasila di rumah. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Bermain Kucing-kucingan
Pada hari Minggu, Ali bersama teman-temannya bermain bersama.
Mereka bermain kucing-kucingan.
Permainan kucing-kucingan dilakukan oleh beberapa anak.
Permainan kucing-kucingan menggunakan bola sepak.
Ditentukan satu anak berperan sebagai kucing.
Sementara, anak-anak yang lain mengoper bola.
Anak yang berperan sebagai kucing berusaha merebut bola.
Anak-anak lain menggiring bola menghindari si kucing.
Menggiring bola sambil mengoper bola ke teman yang lain.
Jika ada anak yang menyentuh bola itu, ia yang berganti peran sebagai kucing.
Ayo Mengamati
Ayo, cari tahu tentang permainan kucing-kucingan!
Gerakan menendang bola dan menggiring bola
Ayo Mencoba
Lakukan gerakan menendang bola dan menggiring bola!
Lakukan permainan kucing-kucingan bersama teman-temanmu!
Ali dan teman-teman bermain bersama.
Mereka bermain kucing-kucingan.
Permainan kucing-kucingan memerlukan kerja sama.
Mereka saling membantu antarteman.
Mereka tidak pernah bertengkar.
Lengkapilah titik-titik di bawah ini dengan kata yang tersedia!
1. Bermain kucing-kucingan dilakukan dengan … .
kerja sama
2. Ali … bola menghindari teman
menggiting
3. Kita harus … teman yang sedang kesusahan.
membantu
4. Bermain kucing-kucingan menggunakan ...
bola
5. Ali … bola ke arah teman.
menendang
6. Sesama teman dilarang ,,,
bertengkar
Ali, Adi, Bayu, dan Kaka bermain kucing-kucingan.
Mereka semua laki-laki.
Siti, Ayu, Eca, dan Wati bermain bola bekel.
Mereka semua perempuan.
Perhatikan gambar di atas!
Tulislah nama-nama anak berdasarkan jenis kelaminnya!
Anak Laki-laki
Anak Perempuan
1. Ali 2. Adi 3. Bayu 4. Kaka
1. Siti 2. Ayu 3. Eca 4. Wati
Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan keluargamu
Diskusikan sikap kamu terhadap teman atau saudara yang berlainan jenis kelamin!
Tulislah hasil diskusimu!
Sikapku terhadap teman yang berlainan jenis kelamin :
Saling menghargai dan menghormati.
Bermain dengan baik dan sopan.
Menolong saudara atau teman yang sedang mengalami kesulitan.
Apakah sikap tersebut sesuai dengan nilai sila kedua Pancasila? Jelaskan!
Menyayangi, menghargai dan menghormari teman dan saudara sesuai dengan sila kedua Pancasila.
Tugas
Kerjakanlah soal Latihan Tema 3 Subtema 1 Bagian A yang ada pada buku modul tematik. Lalu jawablah pada google form berikut:
MATERI AJAR Hari/Tanggal : Kamis, 6 Mei 2021 Kelas : 3D Tema : 8 ( Praja Muda Karana) Subtema : 4( Aku Suka Berkarya ) Pembelajaran : 5 Tujuan pembelajaran : Sikap pancasila menentukan diagram membaca denah bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah, Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa Ayo anak ibu guru, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu siapkan untuk belajar. kemarin kita belajar tentang memahami isi teks tentang teknologi komunikasi, Mengetahui isi teks teknologi komunikasi. Nah sekarang kita akan belajar untuk Menentukan Sikap pancasila, menentukan diagram, membaca denah Menga...
1. Jumlah satuan kubus pada gambar di bawah adalah ..... A. 27 B. 36 C. 48 D. 56 2. Jumlah kubus satuan yang menyusun bangun di bawah adalah ..... A. 24 B. 40 C. 48 D. 56 3. Volume kubus dengan panjang sisi 8 cm adalah ..... A. 64 cm³ B. 128 cm³ C. 256 cm³ D. 512 cm³ 4. Volume bangun ruang di bawah adalah ..... A. 1.728 cm³ B. 2.197 cm³ C. 2.744 cm³ D. 3.375 cm³ 5. Tentukan panjang sisi kubus jika diketahui volume kubus 3.375 cm³ ! A. 5 cm B. 15 cm C. 25 cm D. 35 cm 6. Panjang balok 28 cm dan lebarnya 18 cm dan tinggi 8. Volume balok adalah ..... A. 4.032 cm³ B. 5.658 cm³ C. 6.784 cm³ D. 7.296 cm³ 7. Volume balok 10.780 cm³. Panjang 35 cm dan lebar 22 cm. Tinggi balok adalah .... A. 7 cm B. 12cm C. 14 cm D. 18 cm 8. Fajri mempunyai 2 buah kubus dengan panjang sisi 13 cm dan 17 cm. Berapa selisih volume kedua kubus Fajri? A. 2.176 cm³ C. 2.766 cm³ B. 2.716 cm³ D. 2.876 cm³ 9. Berikut adalah jaring – jaring kubus, kecuali ..... A....
Senin, 25 November2019 Tema 5 SubTema 3 Pb 1 Perhatikanlah gambar-gambar di atas. Bagaimana penjelasanmu mengenai hubungan simbiosis antara dua jenis makhluk hidup tersebut? Apa perbedaan antara simbiosis komensalisme, parasistisme, dan mutualisme? Kesimpulan apakah yang dapat kamu ambil dari hubungan khas antara dua jenis makhluk hidup tersebut? Ya, semua makhluk hidup memerlukan makhluk hidup lain untuk mempertahankan hidup. Makanan dan sumber energi lain menjadi salah satu faktor penting terjadinya saling kebergantungan antar makhluk hidup. Bentuk ketergantungan antar makhluk hidup diperlihatkan dalam sebuah rantai makanan dan jaring-jaring makanan. Bagaimana peran rantai makanan dan jaring-jaring makanan bagi kelangsungan hidup makhluk hidup di dalamnya dan di dalam ekosistem? Bacalah dengan saksama bacaan berikut ini. Ayo Membaca Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan Kebergantungan antarmakhluk hidu...
Komentar
Posting Komentar