Assalaamu'alaikum....
Anak bu guru yang sholeh dan sholehah...hari ini bu guru mau mengulang pelajaran Matematika tentang bangun ruang.
Hari ini kalian akan nonton TV di TVRI dengan materi akar dan pangkat
oleh karena itu, bu guru akan mensinkronkan materi nya
MACAM MACAM BANGUN RUANG
Bangun ruang memiliki berbagai macam bentuk dan memiliki sifatnya masing-masing, Beberapa bangun ruang yang akan dibahas diartikel ini ialah kubus, balok, limas, prisma, tabung, kerucut, dan bola. Untuk lebih jelas tentang rumus dan cara menghitung volume bangun ruang mari kita simak satu persatu bentuk bangun ruang dibawah ini.
RUMUS VOLUME BANGUN RUANG
Kubus
Pengertian dari kubus sendiri iyalah sebuah bangun ruang 3 dimensi yang memiliki 6 sisi yang semua sisi nya adalah berbentuk persegi dan mempunyai rusuk sebanyak 12 rusuk. Dan semua sudut nya bernilai 900 atau siku – siku.
Unsur – Unsur Kubus
Sisi atau bidang
Rusuk
Titik sudut
Diagonal bidang dan diagonal sisi
Diagonal ruang
Bidang diagonal
Rumus Kubus
Luas salah satu sisi kubus=s2
Luas permukaan kubus= 6xs2
Rumus volume= S3
Rumus keliling= 12xs
Keterangan:L= Luas permukaan kubus(cm2)
V= Volume kubus(cm3)
S= Panjang rusuk kubus(cm)
Balok
Pengertian dari balok sendiri adalah bangun 3 dimensi yang dibentuk oleh tiga buah pasang persegi dan persegi panjang dengan pasang diantaranya saling berbeda satu sama lain dan memiliki 6 sisi, 12 buah rusuk dan 8 buah titik sudut lalu permukaan nya masing – masing berbentuk bujur sangkar.
Rumus Balok
Rumus permukaan balok= 2x(pxl)+(pxt)+(lxt)
Rumus diagonal ruang= Akar dari(p kuadrat+l kuadrat+t kuadrat)
Rumus keliling balok= 4x(p+l+t)
Rumus volume balok= pxlxt Keterangan:
P = Panjang(cm)
L = Lebar(cm)
T = Tinggi(cm)
Setelah kalian menonton tayangan televisi, jika disajikan soal maka kalian harus menjawabnya dan menyetorkan hasilnya ke bu guru.
MATERI AJAR Hari/Tanggal : Kamis, 6 Mei 2021 Kelas : 3D Tema : 8 ( Praja Muda Karana) Subtema : 4( Aku Suka Berkarya ) Pembelajaran : 5 Tujuan pembelajaran : Sikap pancasila menentukan diagram membaca denah bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah, Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa Ayo anak ibu guru, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu siapkan untuk belajar. kemarin kita belajar tentang memahami isi teks tentang teknologi komunikasi, Mengetahui isi teks teknologi komunikasi. Nah sekarang kita akan belajar untuk Menentukan Sikap pancasila, menentukan diagram, membaca denah Menga...
1. Jumlah satuan kubus pada gambar di bawah adalah ..... A. 27 B. 36 C. 48 D. 56 2. Jumlah kubus satuan yang menyusun bangun di bawah adalah ..... A. 24 B. 40 C. 48 D. 56 3. Volume kubus dengan panjang sisi 8 cm adalah ..... A. 64 cm³ B. 128 cm³ C. 256 cm³ D. 512 cm³ 4. Volume bangun ruang di bawah adalah ..... A. 1.728 cm³ B. 2.197 cm³ C. 2.744 cm³ D. 3.375 cm³ 5. Tentukan panjang sisi kubus jika diketahui volume kubus 3.375 cm³ ! A. 5 cm B. 15 cm C. 25 cm D. 35 cm 6. Panjang balok 28 cm dan lebarnya 18 cm dan tinggi 8. Volume balok adalah ..... A. 4.032 cm³ B. 5.658 cm³ C. 6.784 cm³ D. 7.296 cm³ 7. Volume balok 10.780 cm³. Panjang 35 cm dan lebar 22 cm. Tinggi balok adalah .... A. 7 cm B. 12cm C. 14 cm D. 18 cm 8. Fajri mempunyai 2 buah kubus dengan panjang sisi 13 cm dan 17 cm. Berapa selisih volume kedua kubus Fajri? A. 2.176 cm³ C. 2.766 cm³ B. 2.716 cm³ D. 2.876 cm³ 9. Berikut adalah jaring – jaring kubus, kecuali ..... A....
Kamis, 14 November 2019 Soal Matematika Mengenai Kecepatan, Rumus: J= K x W, K= J : W, W= J : K 11 . Edo seorang pelari. Ia mampu berlari sejauh 100 m dalam 10 detik. Berapakah kecepatan larinya? 22 . Sebuah sepeda dalam 10 menit dapat menempuh jarak 2000 m. Kecepatan sepeda tersebut adalah … m/menit. 33 . Sebuah sepeda motor dalam 5 menit dapat menempuh jarak 6000 m. Kecepatan s sepeda motor tersebut adalah … km/jam. 44 . Sebuah mobil menempuh jarak 20 km dalam waktu 15 menit. Kecepatan mobil tersebut adalah … km/jam. 55 . Sebuah bus dapat menempuh jarak 40 km dalam waktu 20 ...
Komentar
Posting Komentar