Kamis, 24 februari 2022

  PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Satuan Pendidikan  : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Kelas / Semester     : 2 /2

Tema 6                      : Merawat Hewan dan Tumbuhan

Sub Tema 4.             : Merawat Tumbuhan

Pembelajaran ke     : 5

Selamat pagi anak sholeh, sholehah dan anak pintarnya Ibu guru. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah yaa.

Oke Ibu guru persilahkan untuk anak-anak sholeh dan sholeha mempersiapkan alat-alat untuk belajar hari ini, namun sebelum itu jangan lupa mandi dan sarapan terlebih dahulu ya. Selanjutnya silahkan simak tausiyah, murojaah, serta sholat dhuha ya sayang baru kita akan mulai pembelajaran kita hari ini.

Pada Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 4 Merawat Tumbuhan akan mempelajari tentang menemukan penggunaan tanda pada kalimat berita dalam tulisan tegak bersambung dan memperbaiki ejaan dan menggunakan tanda baca. Menentukan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.





Di halaman sekolah siti, terdapat banyak tanaman.

Tanaman itu dirawat dengan baik oleh tukang kebun sekolah.

Setiap siswa mendapat tugas merawat tanaman di dalam pot yang terdapat di dekat kelas.

Siti, beni, dan dayu sedang mengamati tukang kebun bekerja.

AYO MEMBACA

Bacalah percakapan berikut dengan intonasi yang tepat.

Beni : permisi, pak. Apa yang sedang bapak kerjakan?

Tukang kebun  :  bapak sedang mencabuti rumput liar disekitar tanaman nak.

Siti : mengapa rumput liar harus dicabuti, pak?

Tukang kebun :  rumput liar harus dicabuti supaya tidak mengganggu pertumbuhan tanaman disekitarnya

Dayu :  bagaimana cara agar rumput liar tidak tumbuh lagi pak

Tukang kebun :  caranya, cabutlah rumput liar hingga ke akarnya.

Beni : bolehkah kami membantu, pak?

Tukang kebun :  boleh, beni. Jangan lupa cuci tanganmu setelah selesai.

Siti, beni, dan dayu : baik, pak.


1. Kata tanya apa saja yang digunakan dalam percakapan di atas? Mengapa dan bagaimana

2. Kata tanya apakah yang digunakan untuk menanyakan sebab dan alasan? mengapa

3. Kata tanya apakah yang digunakan untuk menanyakan cara? Bagaimana


AYO BERLATIH

Isilah titik-titik pada kalimat tanya berikut, dengan kata tanya “mengapa” dan “bagaimana”. Gunakan huruf tegak bersambung!

1.Mengapa tanaman harus disiram secra teratur?

2.Bagaimana cara merawat tanaman tomat?

3.Bagaimana cara menyiram tanaman yang baik?

4.Mengapa tanaman membutuhkan sinar matahari?

5.Mengapa tanaman harus diberi pupuk?

AYO BERDISKUSI

Setiap siswa kelas 2 ditugaskan untuk merawat tanaman yang ada di sekolah.

Hal itu dilakukan di pagi hari sebelum masuk kelas. Siti dan Beni ditugaskan pada hari Senin.

Dayu dan Lani ditugaskan pada hari Selasa. Lina dan Niko ditugaskan pada hari rabu. Pada hari Rabu, Niko datang terlambat.Lina harus mengerjakan tugasnya sendirian.

1. Bagaimana pendapatmu mengenai Niko yang terlambat? Berusaha untuk hari berikutnya tidak dating terlambat

2. Apakah yang dilakukan Niko sesuai dengan tata tertib?diberi teguran

3. Apa yang terjadi jika Niko datang tepat waktu? Lani tidak akan mengerjakan sendirian

4.Apa yang akan kalian lakukan jika ada teman kalian yang melakukan hal seperti Niko? ditegur


Latihan hari ini!


Nah anak-anak, demikian pembelajaran kita hari ini.  Jika sudah selesai silahkan kirimkan tugasmu hari ini  melalui aplikasi whatsapp lalu berdoa dan rapikan kembali perlengkapan belajarnya

Oh iya, lupa ucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah membimbing kalian belajar hari ini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamis, 27 Mei 2021