Rabu, 6 oktober 2021

  Satuan Pendidikan          : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester                :  2 /1

Tema                                   : 3. Tugasku Sehari-hari

Sub Tema                            : 4. Tugasku Dalam Kehidupan Sosial

Pembelajaran 3 dan 4

 Apa kabar anak-anak bu guru di rumah ? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....

 
Ayo kita buka pembelajaran hari ini dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.. 
 

Yuk literasi materi hari ini ... .

 Mari kita simak pembelajaran berikut ini bersama!

Pada Pembelajaran 3 dan 4 Tema 3 Subtema 4 Tugasku dalam Kehidupan Sosial akan mempelajari tentang memahami isi teks berkaitan kehidupan sosial. Menemukan persamaan kosa kata berkaitan kehidupan sosial. Mengelompokkan karakteristik siswa berdasarkan jenis kelamin. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Ayo Membaca

GAGAK SANG PEMBOHONG

Oleh : Marfiah Astuti

Aku adalah burung gagak. Makananku daging bangkai hewan lain, bulu dan paruhku perwarna hitam, suaraku berkoak membuat merinding siapapun yang mendengarnya. Walaupun aku makan daging tapi aku juga suka menyantap telur burung lain. Ini adalah sepenggal kisahku. Di pagi yang cerah, empat burung pipit sedang bercanda penuh keakraban.

Beberapa saat kemudian, pandangan mereka tertuju ke arah dahan yang lebih tinggi. Di atasnya, seekor burung bertengger memandangi mereka. Ia layaknya seorang raja yang bijaksana. Warna hitam yang membalut tubuhnya, semakin membuatnya tampak berwibawa.

“Hai ... burung kecil yang lucu. Aku adalah burung yang sedang tersesat. Aku meninggalkan wilayahku karena di sana banyak pemburu yang mengincar kami. Bolehkah untuk beberapa hari ini aku tinggal bersama kalian? Aku akan menjadi sahabat terbaik dan siap membantu kalian”. “Tentu ... !” teriak burung pipit riang. Burung pipit senang. Ia langsung mengutarakan masalah yang sering menimpa mereka. Tampaknya mereka sangat percaya kepada Gagak yang siap membantu. “Kami sedih sekali, setiap kali kami pergi mencari makan, telur-telur kami selalu dicuri oleh ular,” ungkap pipit. Gagak mendengarkan dengan penuh saksama, sambil ia berpikir untuk melaksanakan niat jahatnya. “Baiklah, serahkan saja urusanmu padaku. Silakan kau cari makan dan aku akan berjaga agar telur-telurmu tidak dicuri lagi. Dasar burung ceroboh! Mereka sama sekali tidak berhati-hati. Padahal, aku baru saja dikenalnya. Sekarang saatnya aku menikmati telur-telur ini. “krrch..pyar.. lezat sekali telur ini ... hm....!!

Gagak merasa lapar lagi. Tanpa keraguan... krcch ...pyar... telur-telur itu disantapnya. Saking lahapnya, tidak memedulikan sekitarnya. Tanpa disadari, seekor cecak mengawasi perbuatannya. Hari mulai sore, saatnya burung-burung pipit beristirahat dan kembali ke

sarang. Apa yang terjadi ketika mereka tiba? Pipit sungguh terkejut dengan apa yang dilihatnya. Telur-telurnya pecah berserakan. “Siapakah pelakunya? Ular tak pernah

meninggalkan cangkang seperti ini. “Hai ... burung pipit, aku sangat kasihan melihatmu. Aku tahu pelakunya adalah Gagak yang licik. Aku melihatnya sendiri,” kata cecak.

Keesokan harinya, gagak menghampiri mereka. Ia tampak bersedih. “Maafkan aku burung-burung kecil yang lucu. Saat aku menjaga telurmu ada burung elang mau mendatangi telurmu, lalu aku mengusirnya. Aku sangat kaget, ketika aku kembali, telur-telurmu sudah pecah. Aku berjanji hal itu tidak akan terjadi lagi” ungkap gagak tampak penuh penyesalan. Keempat burung pipit pergi agak jauh dari sarangnya. Mereka bermusyawah di dekat rumah penduduk. “Kita harus memberi pelajaran kepada Gagak. Agar dia tahu kesalahannya”. Oke kita bagi tugas, ada yang menyiapkan tempat, dan ada yang mematuk dahan pohon nangka agar getahnya keluar. Ayo, kumpulkan getah sebanyak-banyaknya, lalu kita taruh di sekeliling sarang”. Mereka bergotong royong.

Keesokan harinya, gagak melaksanakan tugasnya menjaga telur. Di balik semak-semak, burung-burung pipit memperhatikan dengan saksama. “Hei lihat, gagak itu mulai mendatangi telur-telurmu”. Bisik pipit. Belum sampai gagak di telur itu, tiba-tiba kakinya terasa lengket dan tidak bisa bergerak. “Gagak, perbuatanmu sudah terungkap. Kamu tidak perlu mengelak. Jika benar ular yang memakan telur-telurku, pastilah dia akan menelannya dengan kulitnya. Kalaupun dimuntahkan, kulitnya pasti remuk. Cecak juga menjadi saksi atas perbuatanmu yang tidak terpuji itu. “ kata burung pipit. “Maafkan aku burung pipit, selama ini aku telah membohongi kalian. Aku telah memanfaatkan kepercayaan dengan memakan telur-telur kalian” kata burung gagak “Baiklah kami maafkan, tapi kau harus berjanji untuk tidak mengulangi perbuatanmu lagi.“ Kata burung pipit.


Setelah kamu mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh ibu guru, jawablah pertanyaan berikut!

1. Apa yang dilakukan Sang Gagak? 

Sang gagak membohongi burung pipit dan memakan telur-telurnya

2. Apa yang dilakukan burung pipit untuk menjebak Sang Gagak? 

Mengumpul  getah sebanyak-banyaknya lalu ditaruh disekeliling sarang

3. Apakah yang kamu peroleh pada kisah didongeng "Gagak Sang Pembohong"? 

Kita tidak boleh membohongi teman dan kita harus memaafkan kesalahan teman

Ayo Berlatih

Mendatar siswa perempuan dan menurun siswa laki-laki

Dapat di isi seperti dibawah ini :

Hari ini, ibu guru memberikan pengumuman. Besok, sekolah Siti akan mengadakan upacara. Upacara tersebut dalam rangka Hari Sumpah Pemuda. Upacara akan dihadiri oleh perangkat desa dan masyarakat. Setelah upacara, akan diadakan bakti sosial. Bakti sosial tujuannya memberi bantuan untuk masyarakat yang kurang mampu. Siti dan teman-teman juga menyiapkan bingkisan. Mereka membelikan buku, penghapus, pensil, dan alat tulis lain.

Berikut barang-barang yang akan mereka sumbangkan.



Uang Siti = Rp5.000,00

Alternatif barang yang dibeli Siti:

Buku = 2.000

Tipe-x = 2.000

Pensil = 500

Penghapus = 500

.................................... +

Total = 5.000


Jadi alternatif barang yang dibeli Siti adalah buku, penghapus, pensil, dan buku.

Siswa dapat memilih lebih dari satu barang.

Misal: buku 2 buah dan pensil 2 buah.


Uang Edo = Rp3.000,00

Alternatif barang yang dibeli Edo:

Buku = 2.000

Pensil = 500

Penghapus = 500

.................................... +

Total = 3.000


Jadi kemungkinan barang barang yang dibeli Edo adalah buku, pensil, dan penghapus.

Uang Beni = Rp4.000,00

Kemungkinan barang yang dibeli Beni:

Buku = 2.000

Penggaris = 2.000

.................................... +

Total = 4.000


Jadi kemungkinan barang yang dibeli Beni adalah buku dan penggaris.

Uang Leni = Rp4.000,00

Kemungkinan barang yang dibeli Leni:

Buku = 2.000

QPenggaris = 2.000

.................................... +

Total = 4.000

Jadi, kemungkinan barang yang dibeli Leni adalah buku dan penggaris.


Kerja Sama dengan Orang Tua

Dengan bantuan orang tuanya, siswa dapat menghitung harga beberapa belanja Ibu.


UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA



Upacara berlangsung khidmat. Upacara diikuti seluruh siswa dan guru. Pembina upacara memberi pengarahan. Pembina upacara berpesan agar siswa terus rajin belajar. Seluruh siswa harus bersatu membangun bangsa. Kemudian ada petugas yang membacakan naskah Sumpah Pemuda.


Naskah Sumpah Pemuda

Kami putera dan puteri Indonesia

mengaku bertumpah darah yang satu,

tanah air Indonesia.

Kami putera dan puteri Indonesia

mengaku berbangsa yang satu,

bangsa Indonesia.

Kami putera dan puteri Indonesia

menjunjung bahasa persatuan,

bahasa Indonesia.


Ayo Berlatih

Pilihlah kata berikut yang memiliki arti sama! Berilah tanda centang (v ) pada jawaban yang

tepat!

1. Tanah air

 Tanah kelahiran

 Tanah liat

 Tanah subur


2. Bangsa

 musuh  masyarakat  penjajah


3. Sumpah

 ikrar  ingkar  sombong


4. Khidmat

 ribut  khusyuk  ramai


5. Bersatu

 berkelompok  cerai berai  runtuh


Jawabannya:

* Tanah air sama artinya dengan Tanah kelahiran

*Bangsa sama artinya dengan Masyarakat

*Sumpah sama artinya dengan ikrar

*Khidmat sama artinya dengan khusyuk

*Bersatusama artinya dengan berkelompok 


Mengenal Perbedaan Suku

Indonesia dikenal kaya akan berbagai suku bangsa.  Ada suku Jawa, Sunda, Batak, Dayak, dan Bali. Suku Jawa berasal dari Jawa. Suku Sunda berasal dari Jawa Barat. Suku Batak berasal dari Sumatra Utara. Suku Dayak berasal dari Kalimantan. Suku Bali berasal dari Bali.

Masih banyak suku-suku lain yang terdapat di Indonesia.

❤Siti berasal dari Jawa.

❤Beni berasal dari Sumatra Utara.

❤Dayu berasal dari Bali.

❤Leni berasal dari Kalimantan.

❤Edo berasal dari Papua.


Tugas Praktik

Buatlah video belanja permainan pasar koprasi dirumah dengan kawan atau saudaramu dengan menggunakan uang saku mu sebanyak Rp 5.000,00.

 Barang yang disediakan :

1. Buku seharga : Rp 2.000,00

2. Pensil seharga Ro 1.000,00

3. Penggaris seharga Rp 1.000,00

4. Penghapus seharga Rp 500,000


Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang Ananda peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru


Tetap semangat belajar di rumah ya ... always pray to Allah, keep your health, and positive thinking
Mari akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah

See you tomorrow........anak sholih sholihah kesayangan 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema 7 Kelas 5 Subtema 1 Pb 3 KOSAKATA PADA BACAAN (HALAMAN 32)

Kamis, 10 februari 2022