Rabu,5 Mei 2021

 MATERI AJAR

Hari/Tanggal           : Rabu, 5 Mei 2021

Kelas                       : 3D

Tema                       : 8 ( Praja Muda Karana)

Subtema                  : 4( Aku Suka Berkarya )

Pembelajaran          : 3 & 4

Tujuan pembelajaran : 

  • Menentukan Denah Sekolah
  • Menentukan ide Paragraf
  • Sikap pancasila

bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah,

Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa 

 Ayo anak ibu guru,  sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu siapkan untuk belajar. kemarin kita belajar tentang  memahami isi teks tentang teknologi komunikasi, Mengetahui isi teks teknologi komunikasi.

 Nah sekarang kita akan belajar untuk  Menentukan Denah sekolah, Menentukan ide Paragraf, Sikap pancasila


Pada umumnya dalam menyusun paragraf berdasarkan gambarnya menggunakan gambar gambar seri. Gambar seri ialah rangkaian dari beberapa gambar yang menggambarkan sebuah peristwa. Tiap tiap bagian dari gambar tersebut memiliki ceritanya masing masing.

Gambar-gambar inilah yang nantinya disusun secara urut hingga membentuk cerita yang runtut dan menarik. Langkah pertama dalam menyusun gambar seri ialah menentukan judul cerita dari gambar tersebut. Langkah selanjutnya ialah penentuan peristiwa pertama pada gambar. Peristiwa tersebut harus disusun dengan urut dan logis.

Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang mengandung satu pikiran pokok. Penulisan paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok adalah ide utama dari sebuah paragraf.
Gambar Seri
Tuliskan karangan sebanyak 4 paragraf! Tuliskan karangan berdasarkan pikiran pokok yang diberikan! Perhatikan gambar untuk membantumu! Berikut ini adalah pikiran pokok dari setiap paragraf.
  1. Hari Minggu Udin melakukan perjalanan di lingkungan sekitar.
  2. Sebelum melakukan perjalanan, Udin mempelajari denah lokasi terlebih dahulu.
  3. Selama perjalanan, Udin dan teman-teman selalu bekerja sama.
  4. Udin dan teman-teman merasa senang melakukan kegiatan perjalanan.

Hari Minggu Udin melakukan perjalanan di lingkungan sekitar. Udin dan teman-teman mempersiapkan perbekalan yang dibutuhkan pada saat penjelajahan lingkungan. Mereka terlihat gembira dan bersemangat.

Sebelum melakukan perjalanan, Udin mempelajari denah lokasi terlebih dahulu. Denah lokasi memudahkan melakukan pejalanan penjelajahan. Melalui denah lokasi Udin dan teman-teman dapat mengetahui rute yang harus dilalui.

Selama perjalanan, Udin dan teman-teman selalu bekerja sama. Salah satunya pada saat akan menyeberangi sungai. Udin dan teman-temanya saling membantu..

Udin dan teman-teman merasa senang melakukan kegiatan perjalanan. Kegiatan perjalanan banyak memberikan pengalaman yang menarik.

Kegiatan perjalanan dalam pramuka disebut penjelajahan. Kegiatan penjelajahan melatih banyak keterampilan. Kegiatan penjelajahan juga banyak memberikan pengalaman menarik. Salah satu yang diperlukan saat melakukan penjelajahan adalah peta lokasi atau denah. Denah membantu kita lebih mudah mencapai tempat tujuan.

Membuat gambar atau model denah termasuk kegiatan berkarya. Cobalah membuat gambar dan model denah sekolah!

Kumpulkan terlebih dahulu informasi yang lengkap mengenai sekolah. Lakukan secara berkelompok! Cari informasi mengenai banyak kelas. Cari juga informasi mengenai banyak bangunan yang ada di sekolah. Pastikan semua tempat tercatat dengan lengkap. Pastikan pula semua tempat sesuai dengan arah mata angin. Lengkapi informasi mengenai banyak siswa setiap kelas untuk membuat diagram.

Tuliskan paling sedikit 10 informasi sekolahmu pada tabel berikut!
NoBagian SekolahPosisi
1Ruang kelas 1- 3Sebelah utara halaman sekolah
2PerpustakaanSebelah barat ruang kelas 1
3Ruang GuruSebelah barat ruang kelas 4
4Ruang Kepala SekolahSebelah utara ruang guru
5Ruang kelas 4 - 6Sebelah selatan halaman sekolah
6Kamar Mandi/WCSebelah timur kelas 3
7KantinSebelah timur halaman sekolah
8Tempat ParkirSebelah selatan gudang
9GudangSebelah timur kelas 6
10UKSSebelah selatan kantin

Gambarkan informasi tersebut dalam bentuk gambar denah sekolah sederhana!
Denah SD


Ayo Membaca
Ada beberapa peraturan yang diterapkan di perpustakaan. Hal ini dilakukan agar ruang perpustakan tetap nyaman dan menyenangkan untuk pengunjungnya. Ada peraturan yang harus dikerjakan oleh petugas perpustakaan. Ada pula peraturan yang harus dilakukan oleh pengunjung perpustakaan.

Salah satu peraturan di perpustakaan adalah merapikan ruangan secara rutin. Peraturan itu harus dikerjakan oleh petugas perpustakaan. Saat merapikan ruangan, petugas perpustakaan memperhatikan arah mata angin. Petugas perpustakaan juga berkewajiban melayani pengunjung dengan baik.


Untuk membuat perpustakaan nyaman, ada juga peraturan peminjaman buku. Petugas perpustakaan menetapkan batas waktu peminjaman. Jika ada kerusakan atau kehilangan, peminjam berkewajiban untuk memperbaiki atau mengganti.

Aturan peminjaman buku dilakukan untuk keadilan. Aturan ditetapkan agar semua anggota perpustakaan mendapatkan kesempatan sama dalam meminjam buku. Memberikan kesempatan yang sama untuk semua anggota merupakan sikap adil.

Bersikap adil termasuk pengamalan sila ke kelima Pancasila. Sila kelima berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sila kelima Pancasila diberi simbol padi dan kapas. Lambang padi dan kapas menunjukkan kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.
Kekayaan ini hendaknya dapat dirasakan manfaatnya secara adil untuk seluruh rakyat Indonesia.



LATIHAN

Perhatikan beberapa peraturan perpustakaan berikut ini! Adakah kaitan aturan tersebut dengan sikap pengamalan sila Pancasila? Sebutkan bunyi dan simbol sila Pancasila yang sesuai dengan aturan tersebut! Berikan pula alasannya!

1. Meminjam buku sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?

2. Memperbaiki buku yang rusak dan mengganti buku perpustakaan yang hilang. Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?

3. Menjaga ketertiban selama berada di perpustakaan. Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?

4. Ikut serta menjaga kebersihan perpustakaan dengan cara kerja bakti bersama anggota perpustakaan lainnya. Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?

5. Sebutkan bunyi sila pancasila ke 4.

Komentar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema 7 Kelas 5 Subtema 1 Pb 3 KOSAKATA PADA BACAAN (HALAMAN 32)

Kamis, 10 februari 2022