Jum'at, 9 April 2021
MATERI AJAR
Hari/Tanggal : Jumat, 9 April 2021
Kelas : 3D
Tema : 7 ( Perkembangan Teknologi)
Subtema : 4 ( Perkembangan Teknologi Transportasi )
Pembelajaran : 2 & 3
Tujuan pembelajaran :
- memahami alat transportasi darat
- memahami teks paragraf
- memahami cara menghitung keliling
bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah,
Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa
Ayo anak ibu guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu siapkan untuk belajar. kemarin kita belajar tentang memahami isi teks tentang teknologi komunikasi, Mengetahui isi teks teknologi komunikasi.
Nah sekarang kita akan belajar untuk mengetahui memahami transportasi masa kini, memahami teks paragraf, memahami cara menghitung keliling
Paman mengajak Beni pergi ke pulau Bunaken dengan perahu umum. Perahu umum dapat ditumpangi siapa saja. Perahu yang ditumpangi Beni dapat memuat 30 orang penumpang. Di perahu,
Beni bertemu banyak orang. Perahu berisi penumpang yang beragam. Ada penumpang laki-laki dan perempuan. Ada anak-anak, remaja, dan orang tua. Ada penduduk setempat, pengunjung lokal, dan turis asing. Penumpang perahu mengenakan baju yang beragam. Turis asing mengenakan celana pendek dan kaus tanpa lengan. Ada juga yang memakai pakaian seragam. Semua penumpang duduk bersama-sama di dalam perahu.
Selama di perahu, paman menyapa penumpang. Paman juga berbincang-bincang dengan penumpang. Mereka tertawa bersama saat ada yang melucu. Mereka senang dengan suasana akrab di perahu.
Paman berdiskusi tentang transportasi air dengan turis asing. Paman bercerita bahwa Indonesia adalah negara pelaut. Transportasi air sudah digunakan sejak zaman dahulu. Awalnya transportasi air hanya perahu kayu yang digerakkan tangan. Ada kano dan sampan. Sekarang, orangorang menyeberang laut dengan perahu mesin. Ada kapal feri yang dapat menampung banyak orang. Ada speed boat yang dapat bergerak dengan cepat. Ada kapal pesiar untuk pergi jarak jauh.
Seperti apakah transportasi air di masa depan? Kalianlah penentu transportasi air di masa depan. Bersiaplah, belajarlah dengan tekun dan penuh semangat.
Ayo Menulis
Bacalah kembali teks “Pergi ke Pulau” dengan teliti! Garis bawahi kalimat pertama dari setiap paragraf! Tuliskan isi cerita dari setiap paragraf!
Isi Cerita | |
---|---|
Paragraf 1 | Paman mengajak Beni pergi ke pulau Bunaken dengan perahu umum. |
Paragraf 2 | Perahu berisi penumpang yang beragam |
Paragraf 3 | Selama di perahu, paman menyapa penumpang. |
Paragraf 4 | Paman berdiskusi tentang transportasi air dengan turis asing. |
Paragraf 5 | Seperti apakah transportasi air di masa depan? |
Ayo Bercerita
Alat transportasi terus berkembang. Berikut adalah gambar alat transportasi zaman dulu dan sekarang. Pasangkanlah alat transportasi dulu dan sekarang berikut ini dengan cara menarik garis! Ceritakan perkembangan alat transportasi yang paling kamu sukai!
Perkembangan alat transportasi darat
- Sepeda memiliki sejarah yang sangat panjang. Mulai dari bentuknya yang sederhana, beroda tiga hingga sepeda modern dengan berbagai bentuk yang kita kenal sekarang. sepeda pertama ditemukan oleh Baron Karl Drais von Sauerbronn atau lebih sering dikenal Karl Drais -lahir pada tanggal 29 April 1785 di Karlsruhe, Jerman. Di Indonesia, popularitas sepeda banyak dikenalkan di masa kolonial Belanda. Orang Belanda membawa sepeda buatan Eropa sebagai alat transportasi di masa pendudukan mereka di Indonesia. Kini di era milenial, model sepeda pun kian berkembang. Saat ini ada sepeda MTB (sepeda gunung) hingga sepeda lipat. Selain itu sepeda BMX juga mulai diminati oleh para anak muda Indonesia.
- Ide awal kereta api pertama kali dicetuskan oleh seorang ilmuwan Inggris yang bernama William Murdoch. Idenya sangat sederhana, yaitu sebuah rangkaian kereta yang ditarik oleh kuda. Dari awal abad ke-19 hampir semuanya didukung oleh lokomotif uap. Dari tahun 1910-an dan seterusnya lokomotif uap mulai digantikan oleh kurang dan bersih lokomotif diesel dan lokomotif listrik. Saat ini kereta api ada beberapa jenis, diantaranya adalah kereta api konvensional dan kereta api monorel.
- Penemuan mesin diesel pada 1882 menjadi babak penting dalam sejarah mobil. Muncul kendaraan dengan mesin berbahan bakar bensin, menggunakan tiga roda, kendaraan ini diciptakan Karl Benz pada 1885. Tak mau kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah membangun mobil pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern. Sejarah mobil terus berkembang secara positif pada milenium kedua. Sejumlah teknologi terbaru banyak bermunculan. Semuanya bertujuan untuk menciptakan kendaraan yang lebih efisien dan ramah lingkungan.
- Pesawat terbang diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara. Pada tahun tahun berikutnya balon Zeppelin mengusai pengangkutan udara. Pesawat komersial yang lebih besar dibuat pada tahun 1949 bernama Bristol Brabazon.Sampai sekarang pesawat penumpang terbesar di dunia di buat oleh airbus industrie dari eropa dengan pesawat A380.
- Inilah nenek moyangnya kapal laut. Kapal laut generasi pertama ini masih sangat sederhana. Manusia purba biasa menggunakan kano atau rakit untuk menyeberangi sungai atau danau. Kano biasanya terbuat dari batang pohon. Di zaman modern ini, kapal laut sudah semakin canggih. Kapal laut dilengkapi mesin bertenaga tinggi sehingga dapat melaju dengan cepat. Desainnya pun dibuat begitu mewah dan megah, dilengkapi fasilitas-fasilitas yang memanjakan penumpangnya.
Ayo Mengamati
Amati kembali teks “Pergi ke Pulau”! Perahu berisi penumpang yang beragam. Tulislah keberagaman penumpang perahu di bawah ini!
Keberagaman Penumpang Perahu
- Penumpang perahu mengenakan baju yang beragam.
- Penumpang perahu ada penumpang laki-laki dan perempuan.
- Penumpang perahu ada anak-anak, remaja, dan orang tua.
- Penumpang perahu ada penduduk setempat, pengunjung lokal, dan turis asing.
- Keragaman alat transportasi air saat ini seperti kapal feri, speed boat, dan kapal pesiar.
Ayo Mencoba
Pemandangan di pantai sangat indah. Air lautnya bersih dan jernih. Beni bermain di pantai. Ia bermain bersama pengunjung lainnya. Mereka bermain ombak sambil berenang. Paman berpesan agar Beni menjaga keselamatan diri dan orang lain saat bermain di pantai.
Menjaga Keselamatan Orang Lain di Pantai
- Memperhatikan teman yang bermain di pantai
- Menemani teman melakukan kegiatan di pantai
- Mengingatkan teman jika ada ombak besar
- Mengingatkan teman agar tidak berenang terlalu jauh ke laut
- Menyingkirkan benda tajam yang ada di dalam air
Ayo Berlatih
Kamu sudah tahu perbuatan yang dapat menjaga keselamatan orang saat bermain air di pantai. Setiap perbuatan yang kamu lakukan pasti ada alasannya. Amati perbuatan menjaga keselamatan orang lain berikut ini. Mengapa itu dilakukan? Tuliskan jawabanmu! Lalu, ceritakan salah satu jawabanmu di depan kelas!
No. | Tindakan Menjaga Keselamatan | Alasan |
---|---|---|
1. | Memperhatikan teman yang bermain di pantai | Saat berenang perlu pengawasan agar saat ada kecelakaan ada yang melihat |
2. | Menemani teman melakukan kegiatan di pantai | Saat berenang membutuhkan teman untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan |
3. | Mengingatkan teman jika ada ombak besar | Ombak yang besar dapat menteret orang yang sedang berenang ke tengah laut |
4. | Mengingatkan teman agar tidak berenang terlalu jauh ke laut | Semakin jauh dari pantai ombak semakin besar dan dapat membahayakan keselamatan |
5. | Menyingkirkan benda tajam yang ada di dalam air | Benda-benda tajam dapat melukai bagian tubuh saat berenang. |
Tuhan menciptakan manusia untuk bertanggungjawab terhadap keselamatan dirinya dan orang lain, harus bisa bekerja sama dan saling tolong menolong sebagai bentuk syukur akan segala karunia Tuhan.
Udin dan keluarganya menunggu kereta di dekat peron. Peron adalah pelataran tempat penumpang naik dan turun dari kereta. Di sekitar peron ada kursi-kursi untuk menunggu. Kursi peron berbentuk persegi panjang. Jika panjang kursi 250 cm dan lebarnya 50 cm, berapakah keliling kursi peron?
Keliling kursi peron: 250 + 50 + 250 + 50 = 600 cm
Ayo Berlatih
Kamu sudah mengetahui cara menghitung konsep keliling. Berlatihlah mengerjakan soal-soal berikut!
Berapakah keliling masing-masing bangun datar di atas?
- A = 10 + 10 + 10 +10 = 40 cm
- B = 25 + 15 + 25 + 15 = 80 cm
- C = 52 + 25 + 52 +25 = 154 cm
- D = 27 + 16 + 27 + 16 = 86 cm
- E = 15 + 15 + 15 + 15 = 60 cm
- F = 12 + 36 + 12 + 36 = 96 cm
Ayo Mengamati
Masih ingatkah kamu dengan mobil kardus yang kamu buat? Alat dan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat mobil kreasimu? Kegiatan apa saja yang dilakukan dalam membuat mobil kardus?
Mobil Kardus Hasil Kreasiku | |
---|---|
Alat dan bahan | Kegiatan yang Dilakukan |
Pisau, gunting, selotip, lem, kardus bekas, 1 lembar kertas putih polos, penggaris, dan spidol, dan lem | Memotong kardus, memotong kertas dan menempelnya, dan melipat potongan kardus bagian belakang |
Ayo Berkreasi
Sebelumnya kamu sudah berkreasi membuat mobil. Lanjutkanlah kreasimu dengan menghias mobilmu menjadi mobil yang indah.
Alat dan bahan:
Pisau, gunting, selotip, lem, piring kertas 4 buah, penggaris, spidol, stik es krim, lem, cat air, kuas, dan tutup botol. (Kamu dapat memanfaatkan barang bekas di sekelilingmu)
Ikuti langkah-langkah berikut!
- Warnai mobil dengan warna kesukaanmu. Beri lampu dan hiasan depan.
- Beri lampu dengan menempelkan tutup botol.
- Hias dengan menempelkan stik es krim
- Tambahkan roda. Gunting piring kertas dengan ukuran yang sesuai. Tempelkan pada sisi kiri dan kanan seperti pada gambar.
- Tambahkan hiasan. Kamu dapat menggunakan kertas putih yang telah diwarnai.
- Mobil siap dipasarkan.
Selain berkreasi membuat mobil, kamu juga bisa berkreasi membuat alat transportasi lain. Gunakan barang-barang yang ada di sekitarmu. Berkaryalah dengan sungguh-sungguh.
Komentar
Posting Komentar