Rabu, 8 Januari 2020
Tema 6 Sub Tema 1 Pb 3

Tema 6 Sub Tema 1 Pb 3

Ayo
Berdiskusi
Diskusikanlah
bersama dengan temanmu, usaha-usaha apa saja yang dilakukan manusia untuk
memanfaatkan energi panas dari matahari. Bagaimana masyarakat sekitarmu
memanfaatkan energi panas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya? Apakah energi
panas diperuntukkan bagi semua orang? Bagaimana usaha masyarakat di sekitarmu
untuk memenuhi kebutuhan hidupnya?
Ayo
Membaca
Untuk
memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus berhubungan dengan lingkungannya.
Dalam hubungan dengan lingkungannya, ada peristiwa saling memengaruhi satu
dengan yang lain. Matahari adalah sumber kehidupan yang memungkinkan lingkungan
manusia berjalan sebagaimana mestinya. Lingkungan manusia terdiri atas
lingkungan alam dan juga lingkungan masyarakat. Lingkungan masyarakat tempat
kita tinggal dipengaruhi oleh kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya.
Bagaimana
manusia berhubungan dengan lingkungan alamnya? Simaklah bacaan berikut ini!
Manusia
dengan Lingkungan Alam
Semua
makhluk hidup yang ada di bumi, melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup
maupun dengan lingkungannya. Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan
makhluk hidup. Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup,
karena alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup. Dst..
Bacalah
kembali bacaan di atas dengan saksama. Kemudian, jawablah pertanyaan berikut
ini!
1.
Apa judul bacaan di atas?
Manusia
dengan Lingkungan Alam
2.
Tuliskanlah kata-kata kunci yang ada dalam setiap paragraf di atas.
•
Paragraf 1 : Makhluk hidup, Lingkungan alam
•
Paragraf 2 : Benda mati dan makhluk hidup
•
Paragraf 3 : Malkluk hidup, Benda mati
•
Paragraf 4 : Hubungan, Menyesuaikan diri, Memanfaatkan alam.
•
Paragraf 5 : Manusia, Alam, Ilmu pengetahuan dan Teknologi
3.
Buatlah sebuah pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang kamu tentukan dari
setiap paragraf pada bacaan di atas. Kemudian, mintalah temanmu untuk
menjawabnya!
Mengapa
makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati?
4.
Buatlah paling sedikit dua pertanyaan tentang bacaan yang ingin sekali kamu
ketahui lebih dalam!
5.
Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah isi bacaan di
atas kepada teman sebangkumu.
Kesimpulan:
Makhluk
hidup melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup dan lingkungnnya.Mkhluk
hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Manusia memanfaatkan alam menggunakan
ilmu pengetahuan dan teknologi
Ayo
Mencoba
Perhatikanlah
lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Berdasarkan keterangan pada bacaan di atas
tentang interaksi manusia dengan lingkungannya, cobalah lakukan pengamatan
terhadap lingkungan di sekitarmu. Gunakan pertanyaan berikut ini sebagai
panduanmu.
1.
Bagaimanakah kondisi geografis lingkungan di daerah tempat tinggalmu? Apakah
termasuk daerah pantai, pegunungan, atau dataran?
2.
Apa pekerjaan utama orang-orang di sekitarmu?
Daerah Tempat Tinggal
|
Pekerjaan Utama Penduduk
|
Pegunungan
|
Petani
|
Dataran Tinggi
|
Petani
|
Dataran Rendah
|
Petani
|
Pantai
|
Nelayan
|
3.
Apa saja bentuk interaksi masyarakat sekitarmu dengan lingkungan alamnya?
Lengkapilah tabel berikut, perhatikan contoh!
Bentuk Interaksi Masyarakat
dengan Alam
|
Hasil Interaksi dengan
Lingkungan Alam
|
Bercocok tanam
|
Mudah mendapatkan sayuran dan buah-buahan
|
Menjadi nelayan
|
Mendapatkan berbagai jenis ikan
|
Memelihara hewan ternak sapi
|
Mudah mendapatkan susu dan daging
|
Melakukan penghijauan
|
Tersedianya sumber air bersih
|
4.
Apa kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan ini?
Daerah
yang berbeda, tanaman yang dihasilkan pun bisa berbeda sehingga manusia harus
mampu menyesuaikan diri..
Ayo
Mencoba
Konvensi
Hak-Hak Anak
Anak-anak
merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan sebuah bangsa. Oleh karenanya,
kebutuhan untuk tumbuh dan berkembang dalam kehidupan anak harus diutamakan.
Sayangnya, tidak semua anak mempunyai kesempatan yang sama dalam mewujudkan
harapannya. Banyak di antara mereka yang mengalami kesulitan untuk tumbuh dan
berkembang secara sehat dan mendapatkan pendidikan yang terbaik. Banyak anak
berasal dari keluarga yang kurang mampu yang tidak mendapatkan layanan
pendidikan dan kesehatan.
Apa
saja hak-hak anak menurut Konvensi Hak-Hak Anak? Menurut konvensi ini hak anak
dikelompokkan dalam 4 golongan, yaitu:
1.
Hak Kelangsungan Hidup, hak untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak
memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya.
Apakah kamu tahu nama lengkap kedua orang tuamu? Apakah kamu tahu asal usul
kedua orang tuamu? Apakah kamu tahu asal usul keluargamu? Setiap anak berhak
tahu keluarganya dan identitas dirinya.
2.
Hak Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan
keterlantaran. Kamu memiliki hak yang sama dengan anak-anak lain untuk
melakukan kegiatan keagamaanmu, atau melakukan kegiatan perayaan tradisimu.
Sebagai seorang anak kamu belum boleh bekerja, dan kamu berhak diperlakukan
secara baik tanpa kekerasan.
3.
Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup
yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial. Kamu
memiliki hak untuk sekolah, mendapatkan tempat tinggal, mendapatkan makanan dan
minuman yang layak. Hakmu adalah bermain dan mendapatkan istirahat yang cukup,
karena hal itu diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembanganmu sebagai seorang
anak.
4.
Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang
memengaruhi anak. Kamu mempunyai hak untuk mendapatkan informasi yang sesuai
dengan usiamu. Kamu juga berhak untuk memberikan pendapat jika itu berhubungan
dengan kehidupanmu sebagai seorang anak.
Berdasarkan
bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut!
1.
Tuliskan beberapa kata-kata sulit yang belum kamu pahami. Cari tahu makna kata
tersebut dengan mendiskusikannya bersama teman dan gurumu!
No.
|
Kata Sulit
|
Makna
|
1.
|
Konvensi
|
Permufakatan atau kesepakatan
|
2.
|
Ratifikasi
|
Pengesahan dokumen negara khususnya pengesahan undang-undang,
perjanjian antarnegara, dan persetujuan hukum internasional;
|
3.
|
Identitas
|
Ciri-ciri atau keadaan khusus seseorang; jati diri:
|
4.
|
Diskriminasi
|
Pembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara
|
5
|
Eksploitasi
|
Pemanfaatan untuk keuntungan sendiri;
|
2.
Buatlah daftar hak anak yang kamu dapatkan dari bacaan di atas! Catatlah
hak-hak tersebut di bawah ini!
•
Hak Kelangsungan Hidup, hak untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak
memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya.
•
Hak Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan
keterlantaran.
•
Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup
yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial.
•
Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang
memengaruhi anak.
3.
Dari daftar yang kamu buat di atas, tulis dan tandailah hak-hak yang sudah kamu
dapatkan dengan membuat tanda centang (√).
No.
|
Hak Anak
|
Ket.
|
1.
|
Hak Kelangsungan Hidup
|
√
|
2.
|
Hak Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi,
kekerasan, dan keterlantaran.
|
√
|
3.
|
Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar
hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan
sosial.
|
√
|
4.
|
Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal
yang memengaruhi anak.
|
√
|
4.
Bagaimana kamu mendapatkan hak-hak tersebut?
No.
|
Hak Anak
|
Cara Mendapatkan
|
1.
|
Hak Kelangsungan Hidup
|
Selalu menjaga kesehatan tubuh dengan makan makanan bergizi.
Selalu memeriksakan kesehatan tubuh.
|
2.
|
Hak Perlindungan
|
Mematuhi semua aturan yang ada dalam keluarga. Taat dan patuh terhadap
perintah orang tua.
|
3.
|
Hak Tumbuh Kembang
|
Belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh, Memanfaatkan waktu dengan
bijak untuk bermain dan belajar.
|
4.
|
Hak Berpartisipasi
|
Mendengarkan dan melaksanakan nasehat orang tua. menyampaikan pendapat
dengan sopan,
|
Tahukah
kamu tentang hakmu sebagai siswa? Bacalah artikel berikut ini dengan saksama!
Hak-Hak
Seorang Siswa
Setiap
warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Setiap anak
yang menjadi warga negara berhak atas kesempatan untuk mengikuti pendidikan.
Hal ini sesuai dengan Konvensi Hak Anak yang ditandatangani pemerintah
Indonesia. Setiap anak di Indonesia memiliki hak untuk memperoleh pengetahuan,
kemampuan dan keterampilan yang akan membantunya menjadi warga negara yang
mandiri di kemudian hari.
Setiap
anak yang belajar di sebuah lembaga pendidikan, baik formal maupun tidak
formal, disebut sebagai siswa. Setiap siswa yang belajar di sebuah sekolah
mempunyai hak-hak yang sama.
Menurut
Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990, yang dimaksud dengan hak-hak siswa
adalah hak untuk:
- mendapat
perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya;
- memperoleh
pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya;
- mengikuti
program pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan,
baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan
tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan;
- mendapat
bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan
persyaratan yang berlaku;
- pindah ke
sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan
persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak dimasuki;
- memperoleh
penilaian hasil belajarnya;
- menyelesaikan
program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan;
- mendapat
pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.
Sebaiknya di tambah soal pilihan ganda bu trima kasih 🙏🙏
BalasHapus