9 Februari 2021

 MATERI AJAR


 Hari/Tanggal           : Selasa, 9 februari  2021

Kelas                       : 3D

Tema                       : 6 ( Energi dan Perubahannya)

Subtema                 : 2 ( Perubahan energi)

Pembelajaran         : 2

Tujuan pembelajaran : 

  • Memahami cara menjaga kelestarian energi
  • Memahami cara menghitung hari di setiap bulan

Assalaamualaikum... 
bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah,
Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa 

Ayo anak ibu guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu siapkan untuk belajar. kemarin kita belajar tentang  Memahami cara menjaga kelestarian energi dan Memahami cara menghitung hari di setiap bulan

Nah sekarang kita akan belajar untuk Memahami cara menjaga kelestarian energi Memahami cara menghitung hari di setiap bulan. Berikut materi pelajaran hari ini yaa.

 Pembelajaran 2


Ayo Mengamati
Energi gerak dibutuhkan saat kita melakukan aktivitas. Energi gerak tubuh berasal dari energi kimia pada makanan. Tubuh yang selalu digerakkan dengan teratur akan terjaga kesehatannya. Senam irama merupakan contoh gerakan tubuh yang menyehatkan. Pada pelajaran lalu, kalian sudah melakukan kombinasi gerak berjalan, menekuk, dan mengayun. Kali ini kalian akan melakukan kombinasi gerak berjalan, meliuk, dan mengayun.

Ayo Mencoba
Ayo berlatih gerakan berjalan, meliuk, dan mengayun. Tunjukkan keberanian dan rasa percaya dirimu. Perhatikan petunjuk cara melakukan gerakan tersebut.

Peganglah bola dengan tangan kanan. Kemudian, lakukan gerakan berjalan 2 langkah. Selanjutnya, lakukan gerakan meliukkan badan sambil mengayunkan bola. Perhatikan gambar berikut!

Gerakan Meliuk


Selesai latihan, jangan lupa melakukan pendinginan. Setelah itu, kalian dapat melanjutkan kegiatan.

Ayo Mengamati
Setelah melakukan kegiatan jasmani, badan kita akan terasa lelah. Energi perlu dikembalikan lagi. Istirahat sejenak dan minum air putih dapat menyegarkan kembali tubuh kita.

Perubahan energi bukan hanya terjadi di dalam tubuh manusia. Perubahan energi dapat dilihat pada peralatan yang kita gunakan sehari-hari. Pelajarilah lebih lanjut contoh perubahan energi.

a. Perubahan energi listrik menjadi energi panas
Peristiwa perubahan energi ini dapat terjadi pada seterika listrik. Saat kabel seterika diberi aliran listrik, seketika itu energi listrik berubah menjadi energi panas. Peristiwa yang sama juga terjadi pada kompor listrik dan penanak nasi listrik.

Lihatlah contoh gambar perubahan energi listrik menjadi energi panas!

Listrik Menjadi Panas

b. Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak
Perubahan energi lainnya adalah perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Lihatlah alat-alat berikut. Saat menggunakan peralatan tersebut, terjadi perubahan energi listrik menjadi energi gerak.

Energi Gerak


c. Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Panas
Contoh perubahan energi kimia menjadi energi panas dapat dilihat pada kompor minyak tanah. Sebelum digunakan kompor diisi dengan minyak tanah terlebih dahulu. Kompor dinyalakan dengan api. Timbullah panas.

Energi Kimia

Dengan energi panas itu kita dapat memasak nasi, memasak air, menggoreng ikan, dan lain-lain. Energi kimia lainnya adalah gas. Gas dapat digunakan untuk menyalakan kompor. Saat kompor gas menyala terjadi perubahan energi kimia menjadi energi panas.

d. Perubahan Energi Gerak Menjadi Energi Bunyi
Contoh perubahan energi gerak menjadi energi bunyi dapat kita lihat saat seorang pemain drum memainkan alat musik drumnya. Ia menggunakan energi geraknya untuk membunyikan drum. Contoh lainnya yaitu saat kentongan dipukul. Energi gerak pemukul kentongan berubah menjadi energi bunyi.

Energi Bunyi


Ayo Bercerita
Kalian telah mempelajari informasi tentang perubahan energi. Ceritakan kembali apa yang sudah kalian pelajari kepada teman dan gurumu! Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

  1. Perubahan energi apakah yang terjadi pada tubuh kita, jelaskan! Pada tubuh kita terjadi perubahan energi kimia menjadi energi gerak. Makanan diubah menjadi sari-sari makanan yang kemudian diubah oleh tubuh menjadi energi gerak.
  2. Jelaskan contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas? Beberapa contoh perubahan energi lostrik menjadi energi panas misalnya pada setrika listrik, penanak nasi listrik, dan kompor listrik.
  3. Perubahan energi apa yang terjadi saat kita menyalakan kipas angin? Pada saat menyalakan kipas angin terjadi perubahan energi listrik menjadi energi gerak.
  4. Berikan contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak! Contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak adalah saat kita berolah raga. Energi kimia dari bahan makanan digunakan untuk menggerakan anggota badan kita,
  5. Saat temanmu memainkan rebana, perubahan energi apa yang terjadi? Pada saat  memainkan rebana terjadi perubahan energi gerak dari tangan menjadi energi bunyi pada rebana.


Ayo Mengamati
Tuhan Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Karena kasih sayangnya kita semua dapat hidup. Energi adalah nikmat Tuhan yang berguna bagi kelangsungan hidup. Semua orang berhak memanfaatkan energi yang sudah dianugerahkan-Nya.

Kita berhak menggunakan energi tersebut. Tapi kita juga memiliki kewajiban terhadap energi. Kita wajib menggunakan energi dengan bijak. Energi di dalam tubuh harus digunakan untuk sesuatu yang baik dan bermanfaat

Contohnya seorang guru. Ia mengeluarkan energinya untuk mengajar. Ia curahkan tenaga agar murid-muridnya menjadi cerdas dan terampil. Guru berharap kelak murid-muridnya menjadi orang yang berguna.

Demikian juga seorang petani. Ia menggarap sawahnya dengan sekuat tenaga. Energinya digunakan untuk mencangkul dan menanam padi di sawah. Di bawah terik matahari yang menyengat dia tetap bekerja.

Petani berharap sawah yang digarapnya akan menghasilkan padi yang bagus. Banyak orang membutuhkan padi untuk kebutuhan hidup. Padi digiling menjadi beras. Beras dimasak lalu dimakan.

Menggunakan energi untuk hal yang berguna merupakan suatu kewajiban. Jangan menggunakan energi untuk hal yang tidak berguna. Misalnya tenaga seseorang yang kuat digunakan untuk berkelahi. Energi bunyi dari radio digunakan untuk mengganggu orang lain. Atau energi panas api digunakan untuk main petasan.

Bagaimana pendapatmu jika ada orang yang menggunakan energi untuk hal yang tidak baik? Apa yang akan kamu lakukan terhadap orang tersebut

Tuliskan pendapatmu di bawah ini!

Energi yang kita miliki sebaiknya digunakan untuk kebaikan. Jika ada orang yang menggunakan energinya untuk hal-hal yang merugikan sebaiknya kita menasehatinya bahwa tindakan yang ia lakukan tidak baik dan merugikan orang lain.

Minggu lalu siswa kelas 3 berkunjung ke Waduk Jati Luhur. Waduk tersebut terletak di Purwakarta, Jawa Barat. Murid-murid senang sekali. Hari ini mereka masih membicarakan kegiatan tersebut. Berikut ini percakapan mereka.

“Selamat pagi, teman-teman”, sapa Siti kepada teman-temannya.

“Selamat pagi juga, Siti,” sahut teman-teman Siti.

“Bagaimana kabar kamu Siti? Apakah kamu sudah sembuh?”

“Sudah, terima kasih doanya ya’ teman-teman”, jawab Siti. “Oh ya, bagaimana kunjungan ke Waduk Jatiluhur kemarin? menyenangkan tidak teman-teman?”

“Sangat menyenangkan. Banyak ilmu yang didapat.” jawab Edo.

“Ilmu apa Do’?”, tanya Siti.

“Ternyata, waduk itu dapat dijadikan pembangkit listrik”, jelas Edo.

“Iya, makanya waduk Jatiluhur itu disebut sebagai waduk untuk PLTA, yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Air”, tambah Udin.

“Mengapa disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air?” tanya Siti lagi.

“Karena energi listriknya berasal dari tenaga air.”

“Bagaimana caranya energi air menjadi energi listrik?” Siti semakin ingin tahu.

“Energi gerak air akan memutar alat yang disebut turbin, lalu turbin menggerakkan generator listrik. Bergeraknya generator listrik inilah yang akan menghasilkan tenaga listrik,” jelas Udin


“Listrik yang dihasilkan kemudian disalurkan ke gardu-gardu listrik,” Lani menambahkan.

“Nah, dari gardu-gardu itulah listrik disalurkan ke rumah-rumah atau kantor-kantor,” Edo melengkapi

“Oh begitu ya. Terima kasih ceritanya ya teman-teman,” ujar Siti kepada teman-temannya.

Begitulah keseruan pembicaraan Siti dan teman-temannya. Dari pembicaraan mereka kalian mendapatkan informasi tentang manfaat waduk sebagai pembangkit listrik.

Selain sebagai pembangkit listrik waduk juga digunakan untuk keperluan lainnya seperti irigasi atau pengairan sawah, perikanan, dan juga sebagai tempat wisata. Betapa besar manfaat waduk.

Oleh karena itu, dapat dibayangkan apa yang akan terjadi jika waduk kering. Sawah-sawah akan kekeringan dan persediaan energi listrik menjadi berkurang.

Sekarang coba pikirkan, apa akibatnya jika tidak ada listrik. Apa pula akibatnya jika sawah kering?

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut! Kerjakan di buku tugasmu!


1. Tuliskan 2 hal tentang Waduk Jatiluhur yang sudah diketahui! Waduk jatiluhur dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Selain sebagai pembangkit listrik waduk Jatiluhur juga irigasi atau pengairan sawah, perikanan, dan juga sebagai tempat wisata.

2. Bagaimana tenaga listrik dihasilkan oleh air dalam waduk? Ceritakan secara singkat! Energi gerak air akan memutar alat yang disebut turbin, lalu turbin menggerakkan generator listrik. Bergeraknya generator listrik inilah yang akan menghasilkan tenaga listrik.

3. Bagaimana listrik dari PLTA dapat sampai ke rumah-rumah? Listrik yang dihasilkan PLTA kemudian disalurkan ke gardu-gardu listrik. Selanjutnya dari gardu-gardu itulah listrik disalurkan ke rumah-rumah atau kantor-kantor.

4. Apa yang akan terjadi jika air di waduk kering? Jika waduk kering maka PLTA tidak bisa menghasilkan listrik dan sawah-sawah kekurangan air.

5. Tuliskan 3 masalah yang muncul bila tidak ada listrik! Jika tidak ada listrik maka tidak ada sumber penerangan cahaya ( lampu ),  tidak dapat menggunakan alat alat elektronik, dan banyak  pekerjaan yang terganggu.

Ayo Menari
Lani telah selesai bercakap-cakap dengan temanteman. Kemudian Lani mengajak teman-temannya untuk berlatih menari. Kali ini mereka akan berlatih gerak kuat kaki pada tari. Jenis gerakannya hampir sama dengan gerakan sebelumnya. Iringan musiknya lebih cepat sehingga gerakan kaki harus lebih kuat.

Lani meletakkan tangan di pinggang. Kemudian, kakinya diayunkan mengikuti irama musik yang cepat. Musiknya berirama cepat, kakinya harus diayunkan lebih kuat. Ingat gerakan yang sudah dipelajari sebelumnya!

Gerakan pertama

Gerakan Pertama

Gerakan kedua

Gerakan Kedua

Gerakan Ketiga

Gerakan Ketiga

Semakin kuat gerakan pada tarian, semakin besar energi yang dibutuhkan. Bahkan seorang penari dapat bercucuran keringat ketika menari. Karena menari menguras energi.

Ayo Berlatih
Selesai latihan menari, Lani dan teman-teman berlatih berhitung. Mereka akan menghitung kegiatan yang dilakukan di sekolah. Sebagai panduan digunakan jadwal pelajaran di sekolah. Guru meminta siswa bekerja secara berkelompok. Masing-masing kelompok menghitung lamanya kegiatan selama satu hari. Sebelum siswa bekerja guru menjelaskan cara menentukan lamanya suatu kegiatan.

Misalnya
1. Pukul 05.00 Lani bangun tidur. Kemudian mandi, berpakaian, dan menyiapkan perlengkapan sekolah. Kegiatan ini dilakukan sampai pukul 05.30. Lama kegiatan tersebut adalah
05.30
05.00 -
00.30
Jadi, lama waktu yang diperlukan adalah 30 menit.

2. Ayah pergi bekerja pukul 07.30. Ayah pulang dari kantor dan sampai di rumah pukul 18.00. Lama ayah bekerja dan waktu yang diperlukan dalam perjalanan adalah

Jam

Jadi,
17.60
07.30 -
10.30
Jadi, ayah bekerja selama 10 jam 30 menit.

Berikut ini adalah jadwal kegiatan harian Lani. Berdasarkan tabel berikut tentukan lamanya masing-masing kegiatan.

WaktuKegiatanLamanya
05.00-05.30Mandi pagi, berpakaian, dan menyiapkan peralatan sekolah05.30
05.00 -
30 menit
05.30-06.00Sarapan06.00
05.30 -
30 menit
06.10-06.30Perjalanan ke sekolah06.30
06.10 -
20 menit
06.30-06.55Sampai di sekolah bermain dengan teman06.55
06.30 -
25 menit
07.00-12.30Belajar di sekolah12.30
07.00 -
05 jam 30 menit (330 menit)
12.30-13.00Perjalanan pulang13.00
12.30 -
30 menit
13.00-13.30Merapikan pakaian, ganti pakaian, dan makan siang13.30
13.00 -
30 menit
13.30-15.30Istirahat siang15.30
13.30 -
02 jam 0 menit (120 menit)
15.30-15.45Mandi sore15.45
15.30 -
15 menit
15.45-16.00Berangkat ke tempat kursus musik16.00
15.45 -
15 menit
16.00-17.30Kursus musik17.30
15.00 -
01 jam 30 menit (90 menit)
17.30-17.45Perjalanan pulang ke rumah17.45
17.30 -
15 menit
17.45-18.00Istirahat sambil nonton televisi18.00
17.45 -
15 menit
18.00-20.30Mengulang pelajaran dan mengerjakan PR20.30
18.00 -
02 jam 30 menit (150 menit)
20.30-05.00Tidur malam23.60 (pinjam 1 jam (60 menit)
20.30 -
03.30
05.00 +
08.30 (8 jam 30 menit  atau 510 menit)

LATIHAN 

TULISLAH JADWAL KEGIATANMU MULAI DARI BANGUN TIDUR SAMPAI MAU TIDUR LAGI YAA, BUATLAH SEPERTI CONTOH DI ATAS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamis, 27 Mei 2021