Senin, 11 Januari 2021

 MATERI AJAR

Hari/Tanggal        : Senin,  Januari  2021

Kelas                    : 3D

Tema                    : 5. Cuaca

Subtema               : 2 (Perubahan Cuaca)

Pembelajaran        : 1

Alatperaga            : Video ,Gambar

 

Assalaamualaikum... 
bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah,
Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa 

Ayo anak ibu guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu siapkan untuk belajar. 1

Saat pulang sekolah, cuaca berubah mendung. 
Tanda sebentar lagi akan turun hujan. 
Siti dan teman-teman segera pulang ke rumah.
 Ketika mereka tiba di rumah, hujan pun turun. 
Ternyata cuaca dapat berubah-ubah. 
Amati cuaca di sekitar tempat tinggalmu.
Apakah cuacanya juga berubah-ubah?
Keesokan harinya, Beni mengajak Udin dan Edo berkumpul di halaman sekolah. 
Saat itu, cuaca masih terlihat mendung. 
Banyak genangan air terlihat di halaman sekolah.
Beni dan teman-teman memilih istirahat di bawah pohon. 
Mereka bercakap-cakap tentang cuaca kemarin.


Apakah yang dimaksud dengan perubahan cuaca? 
Mengapa perubahan cuaca dapat terjadi?
Bacalah teks informasi berikut tentang cuaca!



Cuaca dan Perubahannya

Cuaca di sekitar kita dapat berubah-ubah. 
Cuaca dapat berubah setiap hari. 
Jika hari ini hujan, esok cuaca dapat menjadi cerah. 
Jika hari ini cerah, esok dapat saja berubah menjadi hujan.


Saat cuaca cerah, matahari bersinar terang sehingga udara menjadi panas. 
Cuaca berawan terjadi ketika awan berkumpul menutupi sinar matahari
.


Cuaca mendung pertanda akan segera turun hujan. 
Langit berwarna kelabu. Sebelum hujan terkadang udara terasa agak panas. 
Jika hujan turun, udara terasa dingin. 
Titik-titik air mulai turun menjadi hujan rintik-rintik atau gerimis.


MTK

Beni mengambil satu buah melon. 
Melon itu sudah dipotong-potong oleh Dayu di rumah. 
Beni lalu menghitung potongan melon tersebut.

Melon yang pertama telah dipotong menjadi 8 bagian sama besar. 
Dalam bentuk nilai pecahan, bagian itu dilambangkan dengan 1/8.



Dayu dan teman-teman lalu menyantap buah melon hingga habis. 
Mereka saling membandingkan banyaknya potongan buah melon yang telah dimakan.

Bandingkanlah potongan buah melon berikut ini!Isilah dengan tanda “>” (lebih dari) atau “<” (kurang dari) pada tempat yang telah tersedia di dalam kotak!


Ayo Menari

Senangnya Dayu dan teman-teman menghabiskan buah melon. 
Tiba saatnya untuk melanjutkan kegiatan.
Dayu, Siti, dan Lani lalu menuju ke aula balai desa. 
Di sana telah banyak teman yang hadir.



Mereka akan berlatih menarikan Tari Burung Ketilang. 
Tarian ini akan diiringi oleh lagu Burung Ketilang. 
Tarian ini menirukan gerakan kepala burung ketilang.

Mari berlatih meniru gerakan kepala burung ketilang. 
Kita berlatih tanpa diiringi lagu Burung Ketilang. 
Gerakkan kepala dengan cepat dan lambat.
Perhatikan urutan gerakan kepala berikut!1. 
Gerakkan kepala miring ke kiri satu kali, kembali ke tengah. 
Gerakkan kepala miring ke kanan satu kali, kembali ke tengah.

Video Pembelajaran

https://www.youtube.com/watch?v=Itwq_Fgy5OU

LATIHAN :

Buatlah video sedang bernyanyi lagu ”BURUNG KUTILANG”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamis, 27 Mei 2021