Selasa 6 Oktober 2020

 Materi Ajar 

Kelas                : III

Tema 3             : Benda di Sekitarku 
Sub Tema 4      : Keajaiban perubahan wujud benda
Hari/Tanggal   : Selasa, 6 oktober 2020

Pembelajaran : 2
Perubahan wujud zat adalah perubahan yang terjadi dari wujud zat satu ke zat lainnya pada suatu benda. Perubahan ini dapat terjadi karena adanya penyerapan dan pelepasan kalor. Perubahan terjadi saat tercapainya titik suhu tertentu oleh senyawa zat tersebut. Contohnya adalah air yang sudah mencapai titik beku akan berubah menjadi benda padat atau air yang telah mencapai titik didih akan berubah menjadi gas.

Ayo Mencoba
Asyiknya Membuat Gulali
Gulali adalah sejenis permen yang terbuat dari gula pasir. Rasanya manis dan mudah membuatnya. Sambil membuat gulali, cermati perubahan wujud yang terjadi!

A. Alat dan Bahan
  1. 500 gram gula pasir.
  2. 250 ml air matang.
  3.  Pewarna makanan
  4. Tusuk sate

B. Cara Membuat
  1. Campurkan 500 gram gula pasir dengan 250 ml air matang. Kemudian, tambahkan pewarna jika diperlukan.
  2. Aduk campuran tersebut hingga merata. Kemudian, panaskan di atas api sedang.
  3. Aduk-aduk terus hingga mendidih dan airnya mulai berkurang. Setelah itu, angkat dari api dan diamkan sampai adonan mengental.
  4. Jika sudah dingin dan mengental, maka adonan gulali tersebut sudah boleh dibentuk. Lilitkan pada tusuk sate dan bentuk menjadi aneka bentuk yang kamu sukai.

Buatlah pertanyaan dari proses pembuatan gulali! Tuliskan jawabannya di kotak yang disediakan!
  1. Mengapa pada pembuatan gulali menggunakan air matang ? Air matang digunakan pada pembuatan gulali supaya lebih sehat.
  2. Apa perubahan wujud yang terjadi pada pembuatan gulali? Pada pembuatan gulali terjadi perubahan wujud mencair dan membeku. Mencair terjadi saat gula dicampur dengan air, sementara membeku terjadi pada saat adonan gulali didiamkan.
  3. Mengapa air setelah mendidih jumlahnya berkurang! Air berkurang jumlahnya karena menguap saat mendidih.
  4. Apa tahapan pertama dalam mambuat gulali? Tahap pertama pembuatan gulali adalh mencampurkan 500 gram gula pasir dengan 250 ml air matang.
  5. Apa fungsi tusuk sate pada pembuatan gulali ? Tusuk sate digunakan untuk melilitkan gulali.

Ayo Mengamati

Kamu sudah melakukan dan mencermati cara membuat gulali. Sekarang, tuliskan perubahan wujud yang terjadi selama pembuatan gulali. Tuliskan contohnya!

No.PeristiwaPerubahan Wujud yang Terjadi
1.Gula dicampur airMencair
2.Air mendidihMenguap
3.Adonan gulali mengentalMembeku

Ayo Berdiskusi

Kelompokmu telah mempraktikkan membuat gulali. Apa yang terjadi jika setiap anggota kelompokmu tidak melaksanakan tugas masing-masing? Atau tidak bekerja sama?


Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya-budaya yang beragam. Indonesia yang terdiri atas pulau-pulau dari sabang sampai merauke. Tentunya juga memiliki budaya maupun tradisi yang berbeda-beda di setiap tempatnya.

Namun, keberagaman tidak seharusnya menimbulkan permasalahan dalam Negara ini. Sebaliknya, keberagaman yang ada di Indonesia seharusnya dapat mempererat hubungan antarmasyarakat satu dengan yang lainnya. Sama seperti semboyan nasional kita yaitu, “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya “Berbeda-beda tetapi tetap satu”. Kita harus bisa menjaga persatuan dan kesatuan Negara, meskipun kita datang dari latar belakang yang beragam.

Persatuan dan kesatuan dapat dilatih mulai dari lingkungan terdekat. Mulai dari lingkungan rumah dan lingkungan sekolah. Di lingkungan rumah, sikap bersatu dimulai dengan saling menghargai pendapat dan peran yang beragam di rumah. Saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing.

Penerapan di sekolah maupun di lingkungan sekitar, sikap bersatu dapat dilakukan dengan cara saling menghargai keragaman suku bangsa dan budaya, tidak merendahkan adat istiadat lain, dan menghormati segala bentuk tradisi lain yang tidak sama dengan tradisi sendiri.

Tugas kelompok akan berhasil jika menunjukkan sikap bersatu. Sikap bersatu banyak contohnya. Diskusikan bersama kelompokmu! Makna dan contoh kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu!
Sikap bersatu adalah berkumpulanya individu menjadi saru tanpa memandang ras, suku, agama, warna kulit dan keturunan untuk mencapai tujuan tertentu.

Contoh sikap bersatu ;
  1. Saling menghargai pendapat dan peran yang beragam. 
  2. Saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing
  3. Saling menghargai keragaman suku bangsa dan budaya.
  4. Tidak merendahkan adat istiadat lain. 
  5. Menghormati segala bentuk tradisi lain yang tidak sama dengan tradisi sendiri.


Ayo Mengamati

Dalam keluarga, penting untuk mempunyai sikap bersatu. Berilah tanda centang (√) pada gambar berikut! Gambar yang menunjukkan sikap bersatu dalam keluarga.

Sikap Bersatu
Ayo Bercerita

Kamu telah memilih aktivitas yang menunjukkan saling membantu di rumah. Perhatikan cerita Edo di bawah ini!


Hai, namaku Edo. Aku bersekolah di SD Nusantara. Setiap pagi sebelum berangkat sekolah, aku merapikan tempat tidurku. Aku juga menolong ibu menjaga adikku, ketika ibu memasak sarapan.

Pada sore hari, aku membantu ibu menyiram bunga dan pohon di kebun. Pada malam hari, ayah dan ibu membantuku mengulang pelajaran di rumah. Di rumah, kami saling tolong-menolong. Tolong-menolong membuat pekerjaan menjadi mudah dan ringan. Akupun menjadi semakin sayang kepada ayah dan ibu.

Bagaimana dengan ceritamu? Ceritakan pengalamanmu saling tolong-menolong dalam keluarga! Presentasikan di depan kelas!

Aku tinggal bersama adik dan kedua orangtuaku. Sebelum berangkat sekolah aku membantu ibu mencuci piring. Tugas tersebut sudah biasa saya lakukan setiap hari. Sepulang sekolah aku juga ikut membantu ibu menjaga adikku yang masih kecil.

Saat malam hari biasanya ayah dan ibuku juga membantu aku saat kesulitan mengulang pelajaran di sekolah. Mereka dengan ikhlas membantuku. Kebiasaan tolong menolong sudah menjadi kebiasaan keluarga kami. Dengan tolong menolong semua anggota keluarga saling bekerjasama. Aku merasa bangga terhadap keluargaku.


Anak-anak untuk hari ini bapak tidak memberikan soal, tetapi tugas hari ini anak-anak  lanjutkan hafalan perkalian ya,, kirimkan video hafalan perkalian anak-anak, perkalian 5 x 1 sampai 6 x 10. seperti biasa pada saat direkam kondisi mata dalam keadaan tertutup agar lebih berkonsentrasi, hasil rekaman video dikirimkan ke bapak melalui aplikasi wa ya,, 

Selasa, 6 Oktober 2020

 BAHAN AJAR


SATUAN PENDIDIKAN                 : SD AL AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG
MATA PELAJARAN                       : BAHASA INDONESIA, MATEMATIKA, SBDP
KELAS/SEMESTER                        : III/1
  TEMA 4                                             : KEWAJIBAN DAN HAKKU
SUB TEMA 3                                    : KEWAJIBAN DAN HAKKU DALAM BERTETANGGA
PEMBELAJARAN  KE-                  : 1
ALOKASI WAKTU                          : 1 HARI  (5 x 35 MENIT)

Materi  :
Ø  Kalimat Saran
Ø  Perkalian Dua Bilangan Cacah
Ø  Karya Dekoratif

1.       KOMPETENSI INTI

KI 1 :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 :   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


2.      KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK )

NO
Kompetensi Dasar
Indikator  Pencapaian Kompetensi
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
1
3.10  Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis
3.10.1 membandingkan  ungkapan atau kalimat saran dengan kalimat yang bukan saran dengan tepat
2
4.10 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri
4.10.1 Menuliskan kalimat saran, dengan tepat


NO
Kompetensi Dasar
Indikator
Mata Pelajaran : Matematika
1
3.3  Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
3.3.1 Menemukan dua bilangan cacah yang hasil kalinya diketahui
2
4.3  Menilai apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
4.3.1 Membuat perkalian dua bilangan cacah yang hasilnya ditentukan sendiri

NO
Kompetensi Dasar
Indikator
Mata Pelajaran : SBdP
1
3.1  Mengetahui unsur-unsur seni  rupa dalam karya dekoratif
3.1.1  Menganalisis bidang dan warna sebagai unsur karya dekoratif
2
4.1  Membuat karya dekoratif
4.2.1 Membuat karya dekoratif dengan tepat

3.     TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Setelah peserta didik dan guru berdiskusi, peserta dididk dapat membandingkan  ungkapan atau kalimat saran dengan kalimat yang bukan saran dengan tepat.
  2. Setelah mengamati teks tentang masalah yang ditampilkan melalui power point, peserta dididk dapat menuliskan kalimat saran dengan tepat
  3. Setelah mengamati masalah dalam cerita, peserta didik dapat menemukan dua bilangan cacah yang hasil kalinya diketahui dengan tepat
  4. Setelah mengamati contoh yang sudah didiskusikan, peserta didik dapat membuat perkalian dua bilangan cacah yang hasilnya ditentukan sendiri dengan tepat
  5. Setelah mengamati gambar yang ditampilkan pada power point, peserta didik dapat menganalisis bidang dan warna sebagai unsur karya dekoratif dengan tepat
  6. Setelah mengenal bidang dan warna dasar, peserta didik dapat membuat karya dekoratif dengan tepat

4.   Materi Ajar 

Orang yang tinggal di dekat rumahmu disebut tetangga.  Setiap orang berkewajiban menjadi tetangga yang baik. Kita wajib bersyukur memiliki tetangga yang baik. Jadilah tetangga yang baik!

Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, tetangga adalah orang yang tinggal disebelah rumah kita, orang yang tinggal berdekatan rumah dengan kita, sedangkan bertetangga adalah hidup berdekatan karena bersebelahan rumah.

Ayo Membaca
Orang yang tinggal di dekat rumahmu disebut tetangga. Apakah kamu mengenal tetanggamu? Ceritakanlah!

Bacalah percakapan Lani dan ibunya berikut ini!

Tetangga Baru
Lani:Ibu, aku mempunyai teman baru. Sudah hampir seminggu dia tinggal di dekat rumah kita.
Ibu:Bagus sekali, nak! Kamu pasti sangat senang.
Lani:Tentu, ibu. Ibu Guru berpesan sebaiknya kita mengenal tetangga. Mengenal tetangga adalah kewajiban kita.
Ibu:Betul sekali, nak. Mereka juga mempunyai hak untuk dikenal. Apakah kamu senang mengenalnya, nak?
Lani:Tentu, bu. Dia sudah kelas V SD. Dia pandai menggambar.
Ibu:Sebaiknya kau ajak dia ke rumah! Kenalkan kepada ibu. Kenalkan juga kepada teman-temanmu.
Lani:Tentu, ibu. Terima kasih mengizinkan aku bermain dengannya.

Apakah kalimat-kalimat berikut termasuk kalimat saran? Beri tanda "B" bila benar dan "S" bila bukan kalimat saran! Beri alasan!
  1. Ibu, aku mempunyai teman baru. (S) Karena hanya pemberitahuan bahwa aku mempunyai temain baru.
  2. Sebaiknya kamu mengenal tetangga. (B) Karena berupa anjuran untuk mengenal tetangga.
  3. Mengenal tetangga adalah kewajiban setiap individu. (S) Karena hanya berupa pernyataan bahwa mengenal tetangga adalah kewajiban setiap individu.
  4. Sebaiknya kau ajak dia ke rumah! (B) Karena berupa anjuran untuk mengajak tetangga baru ke rumah.
  5. Kenalkan juga kepada teman-temanmu. (B) Karena berupa anjuran untuk mengenalkan tetangga baru kepada teman-teman.

Ayo Mencoba

Bacalah pernyataan berikut! Berilah saran!
  1. Lani mempunyai tetangga baru. Lani belum mengenalnya. Apa saranmu untuk Lani?Sebaiknya Lani mengenalkan dirinya terlebih dahulu kepada tetangga baru tersebut. 
  2. Tetangga Lani baru saja menempati rumah barunya. Dia belum berkenalan dengan tetangganya. Apa saranmu untuknya? Sebaiknya Lani mendatangi rumah tetangga baru tersebut dan memperkenalkan diri.
  3. Lani harus dapat memulai perkenalan. Lani belum tahu cara memulai perkenalan. Apa saranmu? Sebaiknya Lani dapat memulai perkenalan dengan mengucapakan salam dan menyebutkan nama. 
  4. Lani bertemu dengan ibu Dayu di jalan. Apa yang seharusnya Lani lakukan? Sebaiknya Lani menyapa ibu Dayu dengan sopan dan ramah.
  5. Senangkah kamu mempunyai tetangga? Apa yang seharusnya kamu lakukan kepada tetanggamu? Saya merasa sangat senang memiliki tetangga baru. Hal pertama yang harus saya lakukan adalah berkenalan dengan mereka agar lebih saling mengenal.

Ayo Berlatih

Lani dan ibunya ingin berkunjung ke rumah tetangga baru mereka. Ibu membuat kue bawang untuk dibawa. Jumlah kue bawang ibu sebanyak 800 batang. Ibu meletakkan kue bawang ke dalam empat buah toples. Masing-masing toples terisi kue bawang yang sama banyak. Berapa kemungkinan toples yang digunakan? Berapa isi kue bawang di masing-masing toples?

Jawab:
Banyaknya toples dikali banyaknya kue bawang dalam tiap toples sama dengan 800 kue bawang.

Bila ibu membeli 10 buah toples, berapa isi masing-masing toples?
10 x ... = 800
Maka jawabannya adalah: 80. Jadi, masing-masing toples berisi 80 buah kue bawang.
Tuliskan kemungkinan lainnya!

Ingatlah bahwa setiap toples harus terisi kue bawang yang sama banyak.
12x400=800
24x200=800
35x160=800
48x100=800
516x50=800
Ayo Mencoba
Dapatkah kamu mencoba membuat kemungkinan lain? Tentukan banyaknya kue bawang sesuai pilihanmu! Berapa toples yang mungkin digunakan? Berapa banyak kue bawang di dalam setiap toples?
12x500=1.000
24x250=1.000
35x200=1.000
48x125=1.000
510x100=1.000

Ayo Mengamati
Lani senang mengamati rumah tetangganya. Lani melihat di setiap rumah terdapat berbagai bentuk bangun datar. Bentuk-bentuk bangun datar apa saja yang sudah kamu ketahui?
Bangun Datar
Amati bentuk bangun datar di bawah ini! Warnailah dengan warna merah, kuning, hijau dan biru! Gunakan pensil warna!

Ayo Mencoba
Lani juga mengamati warna-warna cat tembok rumah tetangganya. Lani pun menjadi terinspirasi untuk berkreasi. Lani ingin berkreasi dengan bentuk bangun datar dan warna yang ia lihat. Ia menggunakan kertas gambar, penggaris, pensil, dan pensil warna.

Amati gambar yang dibuat Lani! Menggambarlah seperti Lani ! Berkreasilah sesukamu! Pilih bentuk dan warna yang kamu sukai! Gunakan kertas gambar dan pensil warna!

Langkah-langkah membuat gambar:
Membuat Gambar
  1. Buat garis tepi di sebelah kiri, kanan, atas, dan bawah pada kertas gambarmu.
  2. Buat Lingkaran besar dengan garis tengah sesuai kertas gambarmu. Gunakan jangka atau benda berbentuk lingkaran.
  3. Bagi lingkaran menjadi dua, lalu empat, lalu delapan. Gunakan pensil dan penggaris jika diperlukan.
  4. Bagi lingkaran menjadi enam belas, kemudian buat garis di ujung lingkaran seperti pada gambar.
  5. Warnai gambar dengan warna kesukaanmu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamis, 27 Mei 2021