Jum'at,18 September 2020

 MATERI AJAR


Bagaimana cara menghormati pendapaKelas              : III
Tema 3           : Benda di Sekitarku 
Sub Tema 1    : Aneka Benda di Sekitarku
Hari/Tanggal  : Jumat, 18 September 2020
Pembelajaran : 6


Assalaamualaikum... 
bagaimana kabarnya hri ini anak sholeh dan sholehah,
Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa 

Ayo anak ibu guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu dibaca yaa penjelasan Ibu guru. 
 PKN 3.1

Ayo Berdiskusi
Kamu sudah mempelajari aneka bahan pembentuk benda. Selanjutnya, kita akan menyelidiki bahan yang sesuai untuk benda-benda tertentu. Untuk mengerjakan projek ini, kamu dan teman-teman harus melaksanakan musyawarah. Tentukan kelompok yang terdiri atas 4-5 orang.

Tentukan 5 benda yang akan diselidiki oleh tiap-tiap kelompok! 

Tuliskanlah hasil musyawarah di bawah ini!

Benda yang akan kami selidiki adalah

Meja
Papan Tulis
Buku
Penggaris
Kursi

Kamu sudah melakukan kegiatan musyawarah. Tuliskan pengalamanmu di kotak yang disediakan.

Tuliskan keuntungan melakukan musyarawah dalam mengambil keputusan bersama!
Dengan bermusyawarah dapat menyelesaikan masalah lebih mudah dan dapat diterima oleh segala pihak.
Dengan bermusyawarah dapat menjalin kerukunan dan mempererat kerja sama.

Dengan bermusyawarah, terbiasa untuk menghormati pendapat orang lain.
t temanmu?
  1. Membiarkan teman berpendapat sesuai pemikirannya. 
  2. Tidak menyela/ memotong pembicaraan teman yang sedang mengajukan pendapat.
  3. Tetap menghargai pendapatnya walaupun berbeda,.
  4. Jika pendapatnya yang terpilih maka kita harus menerimannya dangan lapang dada

Apa yang terjadi jika kita menghormati pendapat temanmu?
  1. Jika kita menghargai pendapat teman maka musyawarah yang berjalan sehat tanpa ada  pemaksaan pendapat.
  2. Musyawarah berjalan menyenangkan karena menghasilkan keputusan yang menyenangkan bagi semua orang.

Ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah!

Pengalaman menghargai pendapat orang lain memang tidak mudah untuk dilakukan. Tidak semua orang pandai memahami dan memaklumi perbedaan. Apabila kita berhasil memahami perbedaan, maka hal tersebut adalah hal yang baik.

Bahasa Indonesia 3.1
Ayo Mencoba
Setiap kelompok telah memilih benda. Lakukan penyelidikan bahan yang terbaik untuk membentuk
benda tersebut! Kamu harus memilih bahan yang tepat untuk membuat benda. Karena pemilihan bahan dapat menjadikan benda berfungsi maksimal.

Daun Jendela

Apa bahan yang baik untuk membuat daun jendela? Apakah dari kayu, alumunium atau kaca?

Untuk memecahkannya, selidiki bersama. Langkah kerjanya adalah sebagai berikut: 

1. Tentukan benda yang akan kamu selidiki. Pilihlah benda di sekitarmu. 

2. Isilah tabel di bawah ini! Perhatikan contoh seperti pada nomor 1.

No.Nama BendaTerbuat dari
Bahan
KelebihanKekurangan
1.Daun JendelaKayuKuat, beberapa jenis kayu dapat bertahan ratusan tahunDapat terkena rayap, mudah terbakar
AluminiumRingan, tidak dapat dimakan rayapTidak tahan benturan keras
2.MejaKayuKuat dan mudah dibentukDapat terkena rayap, mudah terbakar
KacaTahan api dan tembus padangTidak tahan benturan keras/mudah pecah
3.Papan TulisKayuKuat, mudah dibentuk dan lebih ringanDapat terkena rayap, mudah terbakar
BesiKuat, tidak dapat dimakan rayapLebih berat dan dapat berkarat
4.BukuKertasRingan dan menyerap tintaMudah sobek, tidak tahan air.
PlastikKuat dan tidak mudah sobekTidak menyerap tinta
5.PenggarisKayuKuat dan mudah dibentukMudah patah
AluminiumRingan, tidak mudah patahGampang bengkok
6.KursiKayuKuat dan mudah dibentukDapat terkena rayap, mudah terbakar.
AluminiumRingan, tidak dapat dimakan rayapTidak tahan benturan keras

Ayo Menulis
Pilihlah satu benda yang telah kamu selidiki. Tuliskan secara lengkap hasil penyelidikanmu! Hal-hal berikut harus termuat dalam tulisanmu.
  1. Penjelasan bentuk benda (warna, ukuran, dan bentuk).
  2. Fungsi benda.
  3. Alasanmu memilih bahan tertentu untuk membuat benda tersebut.
  4. Menyebutkan kelebihan bahan tersebut.
  5. Menyebutkan kekurangan bahan tersebut.

Meja adalah sebuah perabotan rumah yang berbentuk segiempat dan lingkaran. Meja memiliki permukaan datar dan kaki-kaki sebagai penyangga. Meja memiliki ukuran beragam sesuai dengan kegunaannya ada meja yang ukuranya besar misalnya saja meja makan. Namun ada juga meja yang berukuran kecil misalnya  meja belajar. Meja biasanya memiliki warna bermacam-macam misalnya saja ada meja yang berwarna coklat, hitam, putih, dan lain-lain.

Meja memiliki berbagai fungsi sesuai dengan pengggunaannya. Meja sering dipakai untuk menaruh barang atau makanan. Meja umumnya dipasangkan dengan kursi atau bangku.

Kayu banyak dipilih sebagai bahan pembuatan meja. Kayu bersifat keras dan kuat sehingga banyak digunakan sebagai perabot rumah tangga. Meskipun kayu merupakan bahan pembuat meja yang baik, tetapi tidak tahan terhadap api. Apabila terkena api, kayu mudah terbakar.

Ayo Mencoba
Meteran gulung disebut juga meteran saku. Meteran gulung berfungsi untuk mengukur panjang benda yang lebih dari satu meter. Meteran ini biasa digunakan pekerja bangunan atau tukang kayu.

Siti akan menata ulang kamar tidurnya. Sebelum menata, Siti mengukur benda-benda di kamarnya. Ukuran yang diperoleh Siti seperti berikut ini!

1. Bantulah Siti menemukan ukurannya!
a. 254 cm = 2 m + 54 cm
b. 390 cm = 3 m + 90 cm
c. 365 cm = 3 m + 65 cm
d. 909 cm = 9 m + 9 cm
e. 400 cm = 4 m + 0 cm

2. Tukang membutuhkan bahan kayu untuk membuat meja. Bahan kayu yang diperlukan 250 cm. Pilihlah bahan kayu yang sesuai kebutuhan.
Kayu
250 cm = 2 m + 50 cm

3. Kain yang dibutuhkan untuk membuat baju 2 m. Pilihlah kain yang sesuai kebutuhan.
Kain

2 m = 200 cm

 Agar lebih memahami pembelajaran hari ini, silahkan simak video pembelajaran di bawah ini!


https://www.youtube.com/watch?v=NaSxFq12am4&t=6s

 Demikian pembelajaran hari ini, terimakasih Ibu guru ucapkan, tetap semangat belajar dan selalu diberikan kesehatan. 

Wassalaamualaikum Wr.Wb 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamis, 27 Mei 2021